Terungkap! Huawei Pakai OS Harmony Gantikan Google Android

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
15 July 2019 12:50
Terungkap! Huawei Pakai OS Harmony Gantikan Google Android
Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei Technologies mengajukan nama baru untuk operating system (OS) yang akan digunakan di smartphone dan komputer. Huawei ingin menggunakan nama Harmony untuk OS di Eropa.

Permohonan paten ini telah disampiakan ke Europaean Union Intellectual Peroperty Office. Suratnya bertanggal 12 Juli 2019 dan sedang dalam pemeriksaan, seperti dikutip CNBC Indonesia dari GSMArena, Senin (15/7/2019).


Huawei merancang OS sendiri sejak tujuh tahun lalu karena menganggap ketergantungan pada OS Android bisa mengancam bisnis perusahaan. Saat ini hanya ad dua OS dunia. Android keluaran Google dan iOS untuk perangkat Apple.


Kini peluncuran OS tersebut semakin dipercepat karena Google sudah menyatakan tidak akan memberikan update dan lisensi Android ke perangkat Huawei karena raksasa teknologi AS ini dimasukkan ke dalam daftar hitam (blacklist).

Di China, nama OS ini adalah HongMeng dan sudah diujicobakan di perangkat Xiaomi hingga Vivo. Hasilnya, kerja perangkat 60% ini lebih cepat dari sistem Android. Huawei dikabarkan telah mengajukan paten merek nama OS ke sembilan negara termasuk Uni Eropa.

Rumor yang beredar di pasar OS baru ini akan diperkenalkan bulan depan di acara tahunan developer Huawei. OS ini sudah diujicobakan pada 1 juta perangkat Huawei yang sudah beredar di pasar.

Simak video tentang Huawei di bawah ini:

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading