Eksklusif CNBC Indonesia

Strategi Bea Cukai Berantas Ponsel Ilegal IMEI Tak Terdaftar

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
09 July 2019 16:51
Strategi Bea Cukai Berantas Ponsel Ilegal IMEI Tak Terdaftar
Jakarta, CNBC Indonesia - Demi memberantas ponsel ilegal pemerintah akan menerapkan regulasi verifikasi IMEI pada Agustus 2019. Regulasi ini dinilai bisa efektif, terutama dengan kerja sama antar Kementerian dan Lembaga, seperti Ditjen Bea dan Cukai, Kementerian Perindustrian, Perusahaan telekomunikasi ataupun Kementerian Perdagangan.

Lalu bagaimana strategi Bea Cukai untuk memberantas ponsel ilegal setelah ada aturan ini?


Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi mengungkapkan proses kedatangan barang secara fisik merupakan tugas pengawasan dari unitnya. Untuk strategi hulu perbatasan Bea Cuka akan melakukan blokade, misalnya di Selat Malaka yang rawan dijadikan jalur Penyelundupan.


Dengan begitu, pelaku yang ingin menyelundupkan barangnya bisa ditangkap sebelum memasarkan barang ilegalnya.

Strategi Bea Cukai Berantas Ponsel Ilegal IMEI Tak TerdaftarFoto: infografis ponsel illegal (Edward ricardo)

"Ada kerja sama intelijen dengan Bea dan Cukai Singapura. Kalaupun tidak ada kerja sama patroli laut kita udah ada di Selat malaka," kata Heru dalam wawancara dengan CNBC Indonesia TV, Selasa (09/07/2019).

Dengan segala upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah, dia mengakui ada perubahan modus operandi. Sebelumnya penyelundupan dilakukan dengan kapal kontainer, namun karena ada pengetatan pelaku berganti high speed craft.


"Kami sudah ada menangkap 26 orang penyelundup. High Speed Craft ini memang jadi andalan penyelundup, Selat Malaka pendek, jadi mereka memanfaatkan kondisi geografis kita," katanya.

Untuk itu, Ditjen Bea dan Cukai juga tidak menggunakan strategi yang sama, tetapi mengikuti arah perkembangan pergerakannya. Jika pengangkutan sampai pergudangan, pihaknya akan bersinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.


"Dalam rangka mengatasi penyelundupan kami bersama, kita terima kasih dibantu polisi, polisi air, angkatan laut, dan lainnya," kata Heru.

Dengan aturan ini, kalaupun ada ponsel ilegal yang lolos pun percuma karena tidak bisa digunakan. Untuk itu aturan tersebut dinilai efektif untuk memberantas peredaran ponsel ilegal.

Simak video banjir ponsel ilegal masuk Indonesia di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading