Apple Luncurkan Mac Pro Baru, PC 'Monster' Seharga Rp 85 Juta

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 June 2019 14:37
Mac Pro 2019 diperkenalkan pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2019.
Jakarta, CNBC IndonesiaApple Inc memenuhi janjinya untuk meluncurkan komputer personal (PC) desktop profesional baru setelah sebelumnya Mac Pro 2013 disebut-sebut sebagai sebuah kesalahan. Mac Pro baru ini akan menggunakan desain baru dengan interior komputer dengan model standar.


Mac Pro baru ini memiliki prosesor intel xeon dengan RAM 32 GB, grafis AMD WX 7100 dan memori 256GB. Mac Pro anyar ini akan tersedia untuk dipesan pada musim gugur dengan harga mulai US$5.999 atau setara Rp 85,19 juta (asumsi US$1= Rp 14.200) di Amerika Serikat (AS).

Prosesor intel xeon baru ditanamkan dalam Mac Pro hingga bertenaga 28 core dengan daya 300 watt dan mesin pendingin. 


Foto: Mac Pro 2019 (doc.Apple)

"Sehingga dapat berjalan tanpa kendala pada daya penuh setiap saat," jelas Apple, seperti dikutip CNBC Indonesia dari The Verge, Selasa (4/6/2019).

Dalam rilis resmi perusahaan, Mac Pro baru ini dijelaskan memiliki memori berkapasitas 1,5TB dengan Apple Afterburner, kartu akselerator yang memungkinkan pemutaran tiga aliran video 8K ProRes RAW secara bersamaan.


Mac Pro baru ini pun menggunakan layar retina 6K 32 inci dengan kecerahan 1.600 nits, rasio kontras 1.000.000:1.

"Kami merancang Mac Pro untuk pengguna yang membutuhkan sistem modular dengan kinerja ekstrem, ekspansi, dan konfigurasi," kata Phil Schiller Vice President of Worldwide Marketing Apple.

"Dengan prosesor Xeon yang kuat, kapasitas memori yang besar, arsitektur GPU yang inovatif, ekspansi PCIe, kartu akselerator Afterburner dan desain rahang, Mac Pro baru adalah monster yang akan memungkinkan para profesional melakukan pekerjaan terbaik dalam hidup mereka," tambahnya.


Apple juga akan menjual modul I / O yang menambahkan dua port Thunderbolt 3 tambahan, dua port USB-A, dan jack audio 3,5mm, dan ada kartu edit video khusus "Afterburner" khusus yang menggunakan FPGA untuk memproses hingga 6 miliar piksel per detik.

Simak video Apple di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading