Apple Luncurkan iOS 13, Ini Fitur Unggulannya

Tech - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
04 June 2019 08:10
Apple meluncurkan versi terbaru sistem operasi untuk iPhone, iOS 13, Senin (3/6/2019) di acara Worldwide Developers Conference.
Jakarta, CNBC Indonesia - Apple meluncurkan versi terbaru sistem operasi untuk iPhone, iOS 13, Senin (3/6/2019) di acara Worldwide Developers Conference.

Dengan sistem operasi baru ini, para pengguna akan dapat membuka kunci gawai (gadget) dengan FaceID lebih cepat 30%. Kecepatan akses aplikasi juga akan naik hingga dua kali lipat di sistem baru tersebut.


Sistem operasi ini mendapat perombakan desain dengan dilengkapi mode gelap atau dark mode yang memberi latar belakang gelap untuk sistem menu dan aplikasi, dilansir dari CNBC International.


Keyboard barunya akan membuat pengguna dapat melakukan swipe di antara huruf-huruf untuk mengetik alih-alih mengetuk huruf satu per satu seperti saat ini.

Apple juga menambahkan beberapa fitur baru untuk beberapa aplikasi populer iOS di iPhone, seperti Safari yang dapat diubah ukuran teksnya, Mail yang dapat menggunakan rich fonts, serta Notes yang akan bisa mengakses galeri.

Apple Luncurkan iOS 13, Ini Fitur UnggulannyaFoto: Apple iPhone XS and XS Max (REUTERS/Stephen Lamz)

Maps juga akan ditambahkan mode street view sebagaimana yang dimiliki Google Maps. Apple menargetkan peluncuran versi baru aplikasi ini pada akhir 2019 di seluruh AS.

Di sisi privasi pengguna, Apple mengumumkan fitur baru "Sign in with Apple" yang memberi pengguna kontrol yang lebih besar terhadap data yang mereka bagi di berbagai aplikasi.

Para developer akan dapat memasukkan data sign in tersebut untuk berbagai aplikasi sebagai alternatif untuk opsi sign in atau masuk menggunakan Facebook dan Google. Apple mengkritik langkah sign in dengan Facebook itu sebagai celah untuk mengumpulkan lebih banyak data pribadi pengguna.


Dengan "Sign in with Apple", para pengguna dapat memilih membagi alamat email asli mereka ketika masuk ke sebuah aplikasi atau meminta Apple secara otomatis membuat alamat baru yang akan meneruskan semua pesan dari aplikasi ke alamat asli pengguna.

Semua pembaruan piranti lunak yang diumumkan pada Senin itu akan segera tersedia bagi para developer. Para pengguna lainnya baru akan mendapat aksesnya di musim gugur tahun ini atau sekitar kuartal ketiga.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading