Perkembangan Teknologi

Apple Umumkan iPad Pro dan Mac Baru

Tech - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
31 October 2018 07:08
Apple mengumumkan model iPad Pro dan komputer Mac terbarunya dalam sebuah acara di Brooklyn, Amerika Serikat (AS), Selasa (30/1/2018).
Jakarta, CNBC Indonesia - Apple mengumumkan model iPad Pro dan komputer Mac terbarunya dalam sebuah acara di Brooklyn, Amerika Serikat (AS), Selasa (30/1/2018). Raksasa teknologi asal AS itu meberikan pembaharuan yang telah lama ditunggu pengguna dari gadget-gadget paling populernya.


iPad Pro

iPad Pro baru itu menghilangkan tombol home dan dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah dari Apple, Face ID, yang sebelumnya diperkenalkan di iPhone X tahun lalu.

Tablet ini juga memiliki tampilan layar LCD dari ujung ke ujung yang kali pertama diperkenalkan Apple di iPhone XR yang baru saja dirilis. iPad Pro ini memiliki ukuran layar 11 inci dan 12,9 inci serta lebih tipis dari seri yang pernah ada dengan ujung gawai yang lebih tajam, CNBC International melaporkan.



Harga iPad Pro baru ini adalah US$799 (Rp 12,2 juta) untuk model 11 inci dan US$999 untuk model 12,9 inci. Kedua model ini akan bisa dipesan di AS mulai hari Selasa dan tiba tanggal 7 November.

Apple juga memperbarui stylus berteknologi tingginya, Apple Pencil. Alat ini kini dapat melekat secara magnetik di tablet untuk mengisi daya tanpa kabel dan memiliki gestur sentuh untuk berpindah antara instrumen gambar digital di iPad.

MacBook Air

Selain iPad Pro, Apple juga memperkenalkan MacBook Air baru yang berukuran 13,3 inci, memiliki edge-to-edge retina display, dan Touch ID yang memungkinkan pengguna membuka kunci laptop ini dengan menggunakan scan sidik jari. Sensornya ada di keyboard dan dapat digunakan untuk fitur Apple Pay.

Apple memperbarui keyboard dan track pad-nya juga dan menaikkan kualitas microphone dan speaker laptop ini. MacBook Air baru tersebut memiliki kapasitas penyimpanan 16 GB atau dua kali lipat lebih besar dibandingkan model terdahulunya.

Apple Umumkan iPad Pro dan Mac BaruFoto: Infografis/Kelebihan iPhone 7/Arie Pratama
Apple juga mengatakan bobot gadget ini lebih ringan sekitar 17% dan seluruh MacBook Air baru kini dibuat dari aluminium daur ulang.

Harga MacBook Air baru ini dimulai dari US$1.199 atau sekitar US$100 lebih murah dari harga termurah komputer MacBook namun lebih mahal dari generasi MacBook Air sebelumnya yang dijual mulai dari US$999.

Gadget ini mulai bisa dipesan hari Selasa di AS dan akan dapat diambil pada 7 November.

Mac Mini

Apple juga mengumumkan Mac mini baru hari Selasa yang merupakan update pertama dari model Mac yang berukuran lebih kecil ini dalam empat tahun terakhir.

Mac mini adalah komputer meja (dekstop) yang dihubungkan dengan layar eksternal. Gadget ini dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan 64 GB dan bekerja lima kali lebih cepat daripada model pendahulunya.


Seperti halnya MacBook Air baru, Mac mini ini juga dibuat dari aluminium daur ulang.

Harganya ditawarkan mulai dari US$799 dan juga dapat mulai dipesan hari Selasa untuk pengambilan tanggal 7 November.

Terakhir, Apple juga mengumumkan sistem operasi terbarunya, iOS 12.1, yang dapat di-instal di iPhone dan iPad.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading