Baru Dirilis, Kualitas Kamera Selfie iPhone XS Tuai Kritikan

News - Linda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
29 September 2018 12:10
Baru Dirilis, Kualitas Kamera Selfie iPhone XS Tuai Kritikan
Jakarta, CNBC Indonesia - Rasanya belum lama raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS), Apple, meluncurkan gawai andalan terbaru mereka. Dalam sebuah paparan di hadapan publik, beberapa waktu lalu, Apple memperkenalkan iPhone XS dan XS Max.

Namun ternyata, selain disambut meriah di berbagai negara, kritikan juga menghampiri iPhone tersebut. Hal itu terungkap dalam sebuah thread di Reddit yang dilansir CNBC International, Sabtu (29/9/2018).

Kritikan mengarah kepada kualitas kamera iPhone XS dan XS Max. Menurut mereka, kualitas gambar hasil jepretan kamera selfie memang hampir sempurna.


Namun, hal itu dinilai terlalu berlebihan. Sebab, ada tambahan filter yang membuat hasil foto dapat langsung diproses.

"Ini seperti photoshop berkualitas buruk yang dilakukan oleh seseorang yang mencoba melakukan "airbrush" tanpa ada petunjuk sama sekali," ujar seorang pengguna iPhone XS.

Umumnya filter kecantikan yang menghaluskan dan mencerahkan kulit telah digunakan oleh vendor ponsel lain dan pengembang aplikasi. Tujuan umumnya adalah untuk membuat wajah dan kulit terlihat lebih cantik.

Filter itu biasanya dapat menyingkirkan hal-hal yang mengganggu seperti jerawat atau ruam saat melakukan selfie bila Anda menginginkannya. Uniknya, Apple tidak pernah menggunakan teknik seperti itu.

Kamera baru Apple juga berfokus pada peningkatan foto cahaya rendah dan menghaluskan gambar kasar. Situasi cahaya dengan intensitas rendah akan menyebabkan efek ini.

Sebenarnya, ini bukan masalah besar yang harus diperdebatkan dalam menguji iPhone XS dan iPhone XS Max terbaru. Apalagi kedua kamera berfungsi dengan baik.

Tetapi hal-hal ini biasanya bermasalah, bergantung kepada preferensi pribadi. Biasanya, efek penghalusan kulit dapat diperbaiki dengan pembaruan perangkat lunak.

AppleInsider mengatakan orang-orang di internal Apple sadar akan keluhan dan situasi ini. Kendati demikian, hingga saat ini Apple belum menanggapi apakah kamera iPhone Xs menggunakan tambahan filter kecantikan atau tidak. (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading