Pakai LinkAja, Ambil Uang di ATM Bisa Tanpa Kartu

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
27 May 2019 15:38
LinkAja sedang menyiapkan strategi agar masyarakat menengah ke bawah tidak kesulitan dalam melakukan pengiriman dan pengambilan uang.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) melalui LinkAja sedang menyiapkan strategi agar masyarakat menengah ke bawah tidak kesulitan dalam melakukan pengiriman dan pengambilan uang.

Direktur Utama Danu Wicaksana mengatakan jika LinkAja memang ingin menyasar masyarakat menengah menggunakan layanan withdraw atau tarik saldo. Sebagai contoh, seorang perantauan yang ingin mengirimkan uang ke sanak saudara di kampung, bisa dengan mudah menggunakan layanan ini.

"Kami ada cash withdraw tapi belum diumumkan. Bisanya kan banyak keluarga di Jakarta, kirim uang ke daerah. Pas sudah transfer malah bingung ambil uangnya dimana," katanya kepada CNBC Indonesia belum lama ini.



Jawaban atas permasalahan tersebut adalah dengan layanan tarik tunai atau withdraw yang nantinya bisa dilakukan di sejumlah titik. Misalnya Indomaret, Alfamart hingga Kantor Pos.

Namun, sejumlah tempat pengambilan tersebut menurutnya masih menuai kendala. Indomaret dan Alfamart misalnya yang diakui belum stabil. Sementara itu di Kantor Pos, jam operasional yang terbatas hanya sampai pukul 4 sore.

"Tapi biasanya orang disana kerja di pertanian dan kebun. Kantor Pos jam 4 sudah tutup. Sama saja tidak bisa diambil," ujarnya.

Sebagai solusi, LinkAja memanfaatkan 80 ribu unit ATM berlogo Link yang tersebar di sejumlah daerah. Melalui jaringan ini yang memanfaatkan sinergi BUMN, bisa mengambil uang dengan mudah. Dengan menggunakan token yang nantinya terhubung dengan LInkAja, pengguna LinkAja bisa mengambil uang di mana saja.

"Fiturnya sudah ada tapi masih testing. Jadi nanti tanpa kartu ATM tetap bisa ambil uang. Dapat token dan uangnya diambil di semua ATM Link," tutupnya.


Sebagai informasi, meski pemain baru dalam dompet digital di Indonesia namun LinkAja langsung membuat gebrakan dengan memiliki sekitar 25 juta pengguna pada awal April 2019. LinkAja juga memiliki dukungan yang kuat dari raksasa telekomunikasi, perbankan, migas, hingga berbagai BUMN, yang menjadi pemegang saham.

Sebut saja PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melalui Telkomsel, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN). Selain itu, PT Pertamina, PT Jiwasraya, dan PT Danareksa juga ikut andil kepemilikan dan modal di LinkAja. Modal dasar LinkAja pun tak main-main, mencapai Rp 1,5 triliun dan diprediksi akan terus bertambah.

Pakai LinkAja, Ambil Uang di ATM Bisa Tanpa KartuFoto: dok.LinkAja




(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading