Uber IPO, Kekayaan Bos Amazon Bertambah Rp 5,6 T

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
07 May 2019 12:58
Uber IPO, Kekayaan Bos Amazon Bertambah Rp 5,6 T
Jakarta, CNBC IndonesiaUber Technologies berencana melantai di bursa saham Amerika Serikat (AS) pada pekan ini. Perusahaan pelopor berbagi tumpangan (ride-hailing) ini melantai di bursa dengan kondisi keuangan berdarah-darah atau rugi besar.

Namun, IPO ini memberi berkah pada segelintir investor individu dan korporasi. Salah satu yang akan menikmatinya adalah orang terkaya sejagat raya, Jeff Bezos. Saat ini kekayaan pendiri Amazon ini mencapai US$157 miliar dan akan mendapat jutaan dolar dari IPO Uber.


Uber menargetkan dana segar US$80 miliar dari aksi pencatatan saham di bursa ini. Sahamnya akan ditawarkan pada kisaran US$44 - US$50 per saham.


Jeff Bazos merupakan investor awal dari Uber. Ia masuk ke Uber melalui Benchmark, venture capital miliknya yang juga mendanai Dropbox, Twitter dan Snapchat.

Uber IPO, Kekayaan Jeff Bazos Bertambah Rp 5,6 TFoto: Jeff Bezos pendiri pasar online Amazon (REUTERS/Jason Redmond)

The Information melaporkan dan dikutip dari CBS News, Selasa (7/5/2019), Jeff Bazos pernah menyuntik Uber US$3 juta dan sekarang nilai saham tersebut menyentuh US$400 juta atau setara Rp 5,6 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000).

Pihak lain yang mendapatkan keuntungan dari IPO Uber adalah pendirinya Travis Kalanick yang diperkirakan akan memiliki dana segar US$9 miliar atau kepemilikan 8,6% saham Uber. Garrett Camp, pendiri lainnya memiliki 6% saham Uber.


Pemegang saham individu terbesar Uber adalah Matt Cohler yang juga jadi direksi perusahaan, ia memiliki 11%. Pemegang sama korporasi terbesar adalah Softbank dengan kepemilikan 16,3%.

Simak video Uber berencana IPO meski masih rugi di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading