Industri Sehat, Berapa Idealnya Jumlah Operator Seluler?

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
02 May 2019 13:30
Industri Sehat, Berapa Idealnya Jumlah Operator Seluler?
Jakarta, CNBC Indonesia - Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) Rudiantara berharapĀ perusahaan telekomunikasi melakukan konsolidasi.

Ia sudah menginginkan konsolidasi sejak 2016, namun kali ini Ia menjelaskan bahwa secara pribadi, Ia menginginkan jumlah operator berkurang menjadi 2 atau 3 operator saja.


"Saya pribadi ingin jumlah operator berkurang. Ya, dua (perusahaan telekomunikasi) agak sulit, tetapi tiga (perusahaan) masih affordable, kata Rudiantara pada acara diskusi bertajuk Konsolidasi Jurus Pamungkas Sehatkan Industri Telekomunikasi di Jakarta, Kamis (2/5/2019).


Rudiantara menjelaskan bahwa pemerintah belum memaksa para pelaku untuk konsolidasi, tetapi secara pribadi Ia mendesak para pelaku industri untuk melakukan konsolidasi.

"Saat ini saya pemerintah belum dalam level memaksa tetapi bukan menyarankan atau menghimbau saja," kata Rudiantara pada acara diskusi bertajuk 'Konsolidasi, Jurus Pamungkas Sehatkan Industri Telekomunikasi?' di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Rudiantara juga menerangkan bahwa industri telekomunikasi perlahan-lahan bisa berkurang mulai dari secara natural tidak dapat mengikuti perkembangan bisnis, keadaan pasar atau by force.

Ia menginginkan hal ini karena industri telekomunikasi adalah penggerak pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan tidak ingin ekonomi digital ketinggalan dengan negara lain.

"Suka atau tidak suka, industri ini jadi enable pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tanpa kita ekonomi Indonesia tidak bisa berkembang cepat," ujarnya.

"Tanpa kita benahi industri untuk benar-benar jadi enabler, khususnya ekonomi digital kita akan tertinggal," tambahnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading