Disebut Rugikan RI Triliunan Rupiah, Berapa Penghasilan PUBG?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 April 2019 17:41
Disebut Rugikan RI Triliunan Rupiah, Berapa Penghasilan PUBG?
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) menyebut game PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) dan sejenisnya bisa bikin negara rugi hingga triliunan rupiah.

Menurut Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara, aliran dana ke luar negeri melalui transaksi game secara tidak langsung dapat membebani Neraca Pembayaran Indonesia (NPI).

"Kalau kita main game itu kelihatan enggak di NPI? Sekarang sih enggak, tapi yang pasti itu uang Indonesia keluar," kata Mirza. "Mungkin hanya setengah dolar, tapi kalau yang main dua juta orang, ya itu uang keluar untuk games itu," sambung dia.


Sebagai informasi, NPI merupakan cerminan dari aliran uang yang masuk dan keluar dari Indonesia. Kala kita melakukan impor, atau membeli barang dari luar negeri, ya jelas saja uang yang dibayarkan akan keluar dari Indonesia. Begitu pula sebaliknya.

Disebut Rugikan RI Triliunan Rupiah, Berapa Penghasilan PUBG?Foto: Infografis/PUBG Rugikan Negara/Edward Ricardo

Nah, NPI itulah yang merupakan rekaman dari seluruh transaksi yang melibatkan hampir seluruh penduduk Indonesia. Bila dalam catatan NPI nilainya negatif, itu berarti lebih banyak uang yang keluar dari Indonesia ketimbang yang masuk. Istilahnya lebih besar pasak dari pada tiang.


Lalu berapa penghasilan Tencent dari PUBG? Menurut laporan terbaru dari lembaga riset SuperData, PUBG merupakan game premium dengan penghasilan tertinggi di dunia. Total pendapatan PUBG mencapai US$1,028 miliar atau setara Rp 14,39 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000).

Penghasilan Tencent dari PUBG bisa lebih besar lagi. Pasalnya SuperData hanya mengumpulkan data dari yang dimainkan di PC, PS4 dan Xbox One. SuperData belum menghitung penghasilan dari PUBG Mobile.

Fox Sport melaporkan, hingga November 2018 pendapatan Tencent dari PUBG Mobile mencapai US$32,5 juta atau setara Rp 455 miliar. PUBG Mobile sangat populer di negara-negara dengan jumlah penduduk besar seperti India dan China.

Simak video negara-negara yang mewacanakan pemblokiran PUBG di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading