Cegah Pembobolan Mobile Banking dengan Fitur Mudah Ini

Tech - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
28 February 2019 15:02
Seiring dengan kebutuhan aplikasi keuangan tersebut, keamanan bagi smartphone adalah hal yang mutlak.
Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki aplikasi mobile banking hingga online trading application di smartphone merupakan salah satu umum pada jaman ini. Aplikasi dompet digital, mobile banking, dan online trading telah menjadi kebutuhan bagi kalangan profesional terutama yang berusia muda.

Seiring dengan kebutuhan aplikasi keuangan tersebut, keamanan bagi smartphone adalah hal yang mutlak. Dari menghindari tangan-tangan jahil, hingga hackers yang profesional.

Nah apa saja fitur keamanan wajib bagi smartphone, berikut daftarnya :


1. Lock Screen
Pada awalnya lock screen pada layar sentuh hanya menggunakan personal identity number (PIN), yakni nomor rahasia mulai dari 4 digit hingga 8 digit. Namun fitur PIN ini merupakan kewajiban sebelum menggunakan keamanan lock screen lainnya, seperti pattern (pola), sidik jari, hingga face id.

Pattern merupakan pengunci layar yang bisa dibuka dengan membuat pola tertentu, seperti segitiga, kotak ataupun pola lainnya. Sementara, sidik jari adalah pengunci dengan sidik jari dari pengguna.

Adapun Face id merupakan pengunci layar dengan identitas dari wajah yang terekam dari kamera smartphone.

2. Keamanan Aplikasi
Setiap aplikasi sistem pembayaran, mobile banking dan online trading memiliki keamanan tersendiri. Umumnya ada 2 keamanan dari aplikasi, yakni password untuk membuka aplikasi dan pin untuk melakukan transaksi.

3. Payment Protection
Setelah dua keamanan di atas diaplikasikan, ancaman terhadap hackers tidak hilang begitu saja. Peluang hackers bisa berasal dari aplikasi spam yang terinstall secara tidak diketahui atau tidak disengaja. Aplikasi ini akan merekam aktifitas anda dalam melakukan transaksi keuangan, termasuk password dan PIN.

Nah, antisipasi ancaman ini bisa dilakukan melalui fitur Payment Protection yang sudah terpasang di smartphone OPPO R17 Pro. Fitur ini akan otomatis aktif ketika pengguna membuka aplikasi mobile banking.

Saat pengguna ponsel OPPO membuka aplikasi perbankan di ponselnya, fitur ini otomatis akan memindai ponsel dari berbagai malware yang mungkin ada di dalam ponsel. Jika sudah dipastikan aman, barulah aplikasi tersebut dapat digunakan.

"kehadiran Payment Protection yang merupakan ada sistem sekuriti yang akan memverifikasi aplikasi yang berhubungan dengan pembayaran atau transaksi," ujar PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto belum lama ini.

4. Secure Keyboard
Melengkapi fitur Payment Protection, OPPO R17 Pro juga memasang Secure Keyboard. Fitur keyboar virtualĀ ini akan mencegah adanya perekaman input teks atau angka yang dituliskan dan mencegah pengiriman data melalui koneksi internet.

Keyboard ini dijanjikan aman dari malware yang bisa merekam ketikan di keyboard, atau lazim disebut keylogger. "Pada R17 pro melalui sistem antarmuka ColorOSnya, OPPO memberikan tingkat perlindungan keamanan yang tinggi," ujar Aryo.

Saksikan video Cara Sederhana Berinvestasi a La Denny Sumargo

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Samsung, Xiaomi & Vivo Lewat, Ini Jagoan Baru Ponsel di RI


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading