Mudahnya Berinvestasi Saham via Smartphone

Investment - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
22 February 2019 21:52
Mudahnya Berinvestasi Saham via Smartphone
Jakarta, CNBC Indonesia - Perkembangan teknologi memungkinkan setiap orang dengan mudah bisa melakukan investasi saham. Tidak perlu membayangkan diri Anda repot-repot memantau harga saham seperti yang ada di film 'The Wolf of Wall Street'. Anda juga tidak perlu berdandan rapi kemudian pergi ke Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk melakukan jual-beli saham.

Kini jual-beli (trading) saham bisa dilakukan hanya dengan ponsel pintar (smartphone). Tentunya, Anda harus pastikan smartphone Anda terisi paket data. Kecepatan internet juga menjadi penentu trading saham berjalan mulus. Jangan sampai ketika harga saham Anda sampai pada harga yang Anda inginkan, justru Anda telat menjual. Atau saat harga Saham Anda melorot justru terlambat menjual.

Nah, Anda bisa mulai membeli saham melalui perusahaan sekuritas tersebut. Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam laman resminya mencatat ada 42 perusahaan sekuritas yang dilindungi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Perusahaan Sekuritas itu diantaranya, Samuel Sekuritas Indonesia, PT Valbury Sekuritas Indonesia, Indo Premier dan Kresna Securities. Sejumlah bank juga memiliki anak perusahaan sekuritas, seperti Mandiri Sekuritas (Mansek), BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, dan Panin Sekuritas.

Hal yang perlu Anda lakukan pertama kali, yakni membuka rekening saham pada salah satu perusahaan sekuritas tersebut. Beberapa perusahaan sekuritas juga tidak mengharuskan penandatanganan formulir secara fisik atau tatap muka dengan calon nasabah. Semua bisa dilakukan melalui aplikasi gratis yang bisa diunduh di Play Store.

Melalui Indo Premier misalnya, pembukaan akun bisa dilakukan melalui website. Jangan lupa Anda juga harus menceklis semua jenis pemberitahuan (notifikasi) agar segala perubahan bisa Anda ketahui. Kemudian, sekuritas akan memaparkan menu saham-saham apa saja yang bisa Anda beli. Bila Anda ingin membeli bisa dengan mengklik buy. Namun, Anda juga akan dikenakan fee dari perusahaan sekuritas di setiap pembelian.

Dengan begitu Anda sudah bisa melakukan trading saham melalui ponsel pintar Anda di jam-jam buka BEI, yakni pukul 09.00 pagi hingga pukul 16.00 WIB. Bila pembelian dilakukan saat jam buka bursa maka transaksi akan langsung diproses, bila transaksi dilakukan di luar jam bursa maka transaksi akan ditunda untuk dilakukan di jam bursa selanjutnya.

Semua transaksi itu bisa dilakukan melalui smartphone yang Anda pegang setiap hari. Perencanaan trading juga bisa diserahkan ke sekuritas sehingga Anda tidak perlu memantau pergerakan harga saham setiap waktu.

Nah, jangan lupa untuk menggunakan smartphone yang mumpuni untuk melakukan trading saham seperti OPPO R17 Pro yang baru saja diluncurkan pada awal tahun ini. Produk premium dari OPPO ini memiliki teknologi fast charging SuperVOOC Flash.

Teknologi ini memungkinkan mengisi baterai hingga 39% hanya dalam waktu 10 menit dan butuh 35 menit untuk terisi penuh 100%. Tentunya, fitur ini dibutuhkan agar para trader dan investor bisa membeli saham lewat smartphone kapan saja dan di mana saja. 
Jangan sampai kesempatan kesempatan membeli saham di harga murah terlewatkan begitu saja hanya karena baterai habis.

Saksikan video Cara Mudah Berinvestasi a La Denny Sumargo

[Gambas:Video CNBC]



(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading