Inilah Persaingan Smartphone Flagship di Awal 2019

Tech - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
15 February 2019 21:26
Berikut ulasan singkat dari ponsel pintar flagship yang akan meluncur awal 2019.
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah produsen ponsel pintar (smartphone) bersiap untuk melaga di 2019. Beberapa diantaranya sudah menyiapkan fitur yang kian lengkap. Beberapa diantaranya juga akan diperkenalkan saat Mobile World Congress 2019 di Barcelona, Spanyol, 25 Februari-28 Februari.

Beberapa diantaranya juga belum terekspose begitu detail. Berikut ulasan singkat dari ponsel pintar flagship yang akan meluncur awal 2019 ini:

1. OPPO R17 Pro
OPPO meluncurkan produk flagship R17 Pro pada 3 Januari 2019, sementara penjualan perdana digelar mulai 17 Januari 2019. OPPO R17 Pro membawa keunggulan SuperVOOC Flash Charge untuk pengisian baterai super cepat hingga terisi penuh hanya dalam 35 menit.


Keunggulan lainnya adalah kamera utama dengan fitur Night Mode yang cerdas. Fitur unggulan berupa kamera belakang dengan diafragma ganda pada smart apperture f/1.5 dan f/2.4 yang mampu mengatur apperture secara otomatis melalui algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

OPPO menyematkan perangkat keras kelas premium ke dalam R17 Pro, yakni prosessor baru yang irit daya Qualcomm Snapdragon 710 2,2Ghz dengan fabrikasi 10 nanometer, RAM 8GB, dan ROM 128 GB. OPPO R17 PRO ini dijual dengan harga Rp 9,99 juta di seluruh OPPO Store.

Terkait dengan persaingan produk dari merk lain yang diluncurkan pada awal tahun, PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto mengatakan OPPO tidak melakukan komparasi dengan produk yang beredar di pasaran.

"Yang jelas OPPO R17 Pro hadir dengan target pasar untuk orang yang memiliki mobilitas tinggi dan membutuhkan perangkat yang siap untuk menunjang aktifitasnya kapan saja dan dimana saja, perangkat yang memiliki kualitas foto baik pada kondisi apa saja termasuk malam hari, seperti diketahui belum banyak pabrikan yang memiliki ketertarikan khusus untuk mengarap pasar ini," ujar Aryo kepada CNBC Indonesia

2. Redmi Note 7
Satu ponsel seri flagship dari Redmi bakal meluncur tahun ini. Pasca pemisahan dari Xiaomi, Redmi akan merilis Redmi Note 7 dengan kamera 48 megapixel yang menjadi unggulannya. Dikutip dari detikINET, CEO Xiaomi, Lei Jun, ponsel ini didukung prosesor powerful Snapdragon 855.

Konon, Redmi Note 7 ini cukup terjangkau harganya di kisaran Rp 5,1 juta atau USD 368. Dengan begitu, dari segi harga Redmi Note 7 ini lebih murah ketimbang ponsel Xiaomi yang juga menggunakan Snapdragon 855 baru Mi Mix 3 varian 5G yang harganya USD 475.

Dari sisi kamera, Redmi Note 7 mengandalkan kamera ganda di bagian belakang yang salah satunya memiliki resolusi 48 MP dengan bukaan f/1.8. Sedangkan satunya cukup 5 MP saja untuk mendukung mode potrait.
Bagian belakang badan ponsel memiliki flash LED dan pemindai sidik jari.

Layar Redmi Note 7 memiliki layar 6,3 inch aspek rasio 19,5:9 dan kualitas 1080p. Lalu, kamera selfie memiliki kualitas 13 MP pada notch berbentuk tetesan air. Ada dua pilihan RAM serta ROM yang disediakan, yaitu 3 GB+32 GB dan 6 GB+64 GB.

3. Samsung Galaxy S10 (5G)
Seperti dilansir www.t3.com beberapa pekan lalu, Samsung Galaxy S10 hadir dengan menyediakan RAM hingga 12 GB dan ruang penyimpanan 1TB. Dengan fitur 5G memungkinkan pengguna bisa streaming Netflix tanpa masalah.

Koneksi 5G pada S10 akan memungkinkan pengguna mengunduh dan mengunggah dengan kecepatan luar biasa, sekaligus membuka gerbang untuk memainkan game AAA melalui layanan streaming seperti PS Now, serta streaming film 4K dengan kualitas tinggi.

Kabar mengenai kemunculan ponsel flagship ini sudah terdengar tahun lalu. Qualcomm dan pihak Korea Selatan telah melakukan perjanjian 'hubungan strategis' yang spesifik menyebut 'transisi ke 5G'.

Kemudian, di bulan Desember Samsung mengumumkan resmi bahwa Samsung Galaxy S10 ini akan menggunakan prosesor Snapdragon 855. Kemungkinan Apple akan dibuat khawatir dengan kemunculan ponsel ini.

4. Nokia 9 PureView
Nokia menyiapkan ponsel flagship terbaru tahun ini bernama Nokia 9 PureView. Mengutip CNNIndonesia.com, kabar kemunculan Nokia 9 PureView pertama kali mengemuka lewat bocoran video yang diungkap oleh MySmartPrice.

Ponsel yang kabarnya akan dirilis beberapa pekan ke depan ini akan memiliki lima kamera belakang. Belum jelas fungsi masing-masing kamera tersebut, namun dipastian salah satu kamera memiliki sensor time of flight (ToF) yang saat ini sedang populer.

Dengan sensor ToF, kamera memiliki metode untuk mengukur jarak antara sensor dengan obyek berdasarkan perbedaan waktu antara emisi sinyal dan kembalinya bayangan ke sensor. Gambar yang dihasilkan akan memiliki kedalaman yang lebih natural.

layar memiliki ukuran 5,99 inci dengan resolusi 2K dan HDR10. Tak lupa, sensor pemindai sidik jari serta cip Snapdragon 845 dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB juga turut melengkapi ponsel ini. Ponsel dikabarkan akan ditenagai Android 9 Pie dan merupakan program Android One.

5. New Iphone 2019
Setelah disuguhkan iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR, tahun ini Apple tengah merencanakan meluncurkan ponsel dengan fitur 5G. Dikutip dari www.t3.com, tampaknya akibat adanya perselisihan antara Apple dengan Qualcomm dikabarkan iPhone 2019 tidak akan menampilkan 5G.

Ini karena pembuatnya harus mencari modem 5G ponselnya dari Intel atau membangun sendiri. Apple biasanya tidak mengadopsi teknologi baru terlebih dahulu jadi ini mungkin strategi yang diadopsi untuk 5G-nya. perangkat diluncurkan setahun kemudian ketika pasar agak tenang.

Masih mengutip www.t3.com, mengingat iPhone akan dilakukan perombakan besar-besaran tahun ini apakah terlalu berisiko untuk menunda 5G hingga 2020? Pasalnya, setiap produsen Android tampaknya akan memiliki perangkat 5G pada 2019, sehingga Apple mungkin terpaksa harus tetap kompetitif.

6. LG Ponsel 5G
Melansir gizchina.com LG dengan fitur 5G ini akan bernama panjang, yakni LG V50 ThinQ 5G. Rumornya ponsel ini akan diperkenalkan dalam Mobile World Congress 2019 di Barcelona, Spanyol, akhir Februari ini.

Diperkirakan ponsel pintar ini akan dibanderol dengan harga USD 1.354 di Korea Selatan atau sekitar Rp18,9 juta dalam rupiah (asumsi kurs Rp14.000/dolar AS). Belum banyak detail yang terbongkar hingga saat ini. Namun, gizchina.com menyebut LG ponsel 5G ini akan menggunakan prosesor Snapdragon 855 dengan ruang uap sehingga ponsel tidak akan overheating.
Artikel Selanjutnya

Samsung, Xiaomi & Vivo Lewat, Ini Jagoan Baru Ponsel di RI


(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading