Pakai Strategi Harga Murah, Xiaomi Berhasil Kudeta Samsung

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
13 February 2019 13:29
Pakai Strategi Harga Murah, Xiaomi Berhasil Kudeta Samsung
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam dua tahun terakhir Samsung Electronics masih menjadi produsen ponsel dengan pengiriman terbanyak di dunia. Pemain lain masih kesulitan mengkudeta posisi Samsung.

Namun cerita berbeda terjadi di pasar India. Produsen ponsel asal China, Xiaomi berhasil mengkudeta Samsung. Pada 2018, Xioami berhasil menjadi produsen dengan pangsa pasar terbesar di India mengalahkan Samsung, menurut laporan terbaru IDC.


Pada 2017, Samsung menguasai 22% pangsa pasar ponsel India dan berada di posisi pertama. Namun pada 2018, Xiaomi menguasai 29% pasar ponsel India. Tahun lalu pengiriman Xiaomi ke India mencapai 41,1 juta unit, angka ini tumbuh 59% secara tahunan.


Tahun 2018, penjualan ponsel India tumbuh 14,5% yang didorong oleh gencarnya promosi penjualan secara online. Pertumbuhan penjualan di India cukup anomali sebab pasar ponsel dunia tahun lalu menyusut 4%.

"Pengiriman portofolio eksklusif dari Xiaomi, Honor, Realme, Asus, OnePlus dll, semakin memicu pertumbuhan ini," Upasana Joshi, associate manager research di IDC India, mengatakan dalam sebuah laporan, South China Morning Post, Rabu (13/2/2019).

Empat dari lima merek smartphone teratas di India berasal dari China. Yakni, Xiaomi, Vivo, Oppo, dan Transsion. Keempatnya menguasai lebih dari separuh pasar ponsel India.

Meskipun segmen harga US$100-US$200 menyumbang lebih dari separuh pasar India, pertumbuhan di segmen ponsel pintar premium mengalahkan kategori lain dengan kenaikan 43,9% tahun lalu.

Saksikan prediksi penjualan smartphone global dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading