Ponsel

Tantang Samsung & Huawei, LG Luncurkan Ponsel 'Lipat' Baru

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
25 February 2019 12:49
LG juga meluncurkan smartphone baru tetapi dengan definisi layar lipat berbeda dari Samsung dan Huawei.
Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen ponsel asal Taiwan, LG Electronics, memperkenalkan LG V50 pada Minggu (24/2/2019). Ponsel ini memiliki prosesor Snapdragon 855, peningkatan pendinginan, baterai lebih besar, dan 5G.

LG menyajikan hal berbeda dari pesaingnya Samsung dan Huawei di ranah layar lipat, ponsel LG anyar Dual Screen pada dasarnya adalah case folio dengan layar OLED kedua di dalamnya. Bentuknya mirip dengan konsol gim portable Nintendo DS. V50 memiliki layar 6,4 inci, namun panel sekunder di sini terbatas pada pengukuran diagonal 6,2 inci, karena bezel yang lebih besar. Namun, banyak yang skeptis pada Sistem Dual Screen yang diluncurkan pada Mobile World Congress 2019.

Tantang Samsung & Huawei, LG Luncurkan Ponsel 'Lipat' BaruFoto: Peluncuran LG V50 (REUTERS/Albert Gea)

Dimulai dengan yang positif, ada permintaan untuk jenis layar ekstra ini. Semakin banyak produsen layar dapat menekan ke dalam bentuk saku, semakin tinggi harga yang dapat mereka terapkan. Selain itu, desain engsel pada case juga dapat memutar 360 derajat penuh, memungkinkan Anda untuk mencerminkan layar Anda, yang dapat berguna untuk menunjukkan hasil foto kepada seseorang yang sedang anda potret.


LG menggunakan chipset Wi-Fi khusus yang menggunakan komunikasi jarak pendek dan bandwidth tinggi untuk mentransmisikan antara V50 dan layar tambahannya. Dalam pengujian terhadap V50 plus Dual Screen combo, ponsel itu tidak dapat mendeteksi latensi atau masalah komunikasi lainnya antara dua panel. Ini berfungsi semulus yang Anda harapkan saat mengoperasikan dua monitor di desktop Anda.

Prediksi negatifnya, pertama, kedua layar ini tidak memiliki kualitas yang sama: ada sedikit perbedaan, tetapi dapat dideteksi seperti suhu warna dan sudut pandang di antara mereka. Juga ukuran tidak asimetri.

Desain perangkat lunak LG tidak buruk, namun menunjukkan perilaku aneh, seperti menampilkan keyboard di layar di layar kiri ketika mencoba memasukkan sesuatu di sebelah kanan. Anda juga akan mengalami kesulitan jika memainkan game balapan karena pengontrol gamepad disimulasikan layar kedua.

LG Dual Screen adalah pendekatan yang kurang glamor, tetapi jauh lebih pragmatis untuk menjejalkan lebih banyak layar ke dalam saku celana.

Dilansir dari The Verge, LG mengatakan mereka berencana untuk membuat semua perangkat 5G masa depan yang kompatibel dengan tampilan kedua jenis ini. Dengan kata lain, setiap ponsel LG 5G mungkin akan memiliki variasi Dual Screen. Namun opsi Layar Ganda tidak akan ditawarkan di pasar Amerika Serikat (AS).

Harga untuk LG Dual Screen telah menjadi misteri untuk saat ini, meskipun kita mungkin dapat yakin bahwa V50 plus Dual Screen akan dihargai ratusan dolar lebih murah daripada Samsung Galaxy Fold yang benar-benar mewah dan Huawei Mate X yang diluncurkan pada Minggu.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading