Perkembangan Teknologi

Fakta dan Rumor Galaxy S10, Ponsel Lipat Bikinan Samsung

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
04 February 2019 18:53
Fakta dan Rumor Galaxy S10, Ponsel Lipat Bikinan Samsung
Jakarta, CNBC Indonesia - Ponsel pintar terbaru selalu menjadi perbincangan menarik bagi penggemar teknologi. Pada 20 Februari 2019, Samsung akan menjawab rasa penasaran dari penggemarnya dengan peluncuran Smartphone baru.

Samsung telah meresmikan nama Galaxy S10, mengingat kurang dari tiga minggu lagi menjelang 20 Februari untuk Samsung Unboxing Event, menurut rilis perusahaan pada Rabu (30/1/2019).

Dengan pendapatan menurun 10% sejak tahun lalu, peluncuran ini diharapkan dapat membalikkan kinerja perusahaan dalam penjualan dan laba. Meskipun perusahaan sering memprediksi bahwa produk generasi berikutnya akan meningkatkan penjualan, menurut rumor, Samsung Galaxy S10 yang akan datang (dan versi lainnya) memiliki peluang yang sah untuk mendapatkan perhatian populer dan pangsa pasar dengan sejumlah fitur khas dan teknologi terobosan.


Pada acara mendatang, bisa jadi digunakan untuk debut telepon layar lipat Samsung yang mungkin disebut Galaxy X, Galaxy Fold, Galaxy Flex atau, Galaxy F. Menurut Wall Street Journal, Samsung akan memiliki ponsel lipat yang "berfungsi penuh" pada 20 Februari. Jika benar, ini dapat membantu Samsung dalam menghadang pesaing seperti Xiaomi. Siangan dari China nya tersebut baru-baru ini memposting video ponsel lipat besutannya dan Huawei, yang akan mengungkap ponsel serupa di Mobile World Congress Pada bulan depan.

Seperti biasa, tersebar gambar dan render yang bocor termasuk nomor yang menunjukkan variasi kamera kecil di lubang ponsel. Kemudian ada desas-desus dari Consumer Electronic Show (CES), di mana Samsung memamerkan ponsel prototipe 5G yang mampu terhubung ke jaringan seluler generasi berikutnya.

Fakta dan Rumor Galaxy S10, Ponsel Lipat Bikinan SamsungFoto: Wakil presiden senior Pemasaran Produk Seluler Samsung Electronics Justin Denison mempresentasikan pembukaan layar sentuh ponsel pintar baru Samsung, di San Francisco, California, REUTERS / Stephen Lam

Samsung S10 diperkirakan akan dilengkapi dengan chipset Snapdragon 855 yang akan menjadi kekuatan andalan Samsung berikutnya. Hasil perbandingan awal kami menunjukkan itu akan menjadi pembeda dan membuat Galaxy S9 dan LG V40 seperti serpihan debu.

Selain kinerja ponsel, para analis, pakar dan pengungkap rumor sedang memprediksi Galaxy S10 dengan fitur-fitur dengan potensi luar biasa. Salah satu diantaranya adalah sensor sidik jari ultrasonik, Face ID, layar Infinity-O dan kapasitas penyimpanan besar hingga 1 terabyte. Jika bahkan beberapa dari rumor ini akurat, Samsung dapat menguasai pasar dan mengamankan tempatnya sebagai pemimpin smartphone.

Jika tidak, maka jalan di depan masih sulit untuk Samsung. Sebelumnya Samsung memperkenalkan Galaxy S9 dan S9 Plus pada Februari 2018, hingga saat ini ponsel tersebut belum terjual dengan baik. Penjualan ponsel yang lambat sekarang menjadi ancaman bagi setiap merek.

Bahkan Huawei dapat menggulingkan Apple dengan mengambil posisi nomor 2, ini semakin menekan posisi Samsung. Terlepas dari masalahnya sendiri - yang mencakup permusuhan yang tumbuh dari pemerintah di AS dan di seluruh dunia - Huawei terus mendorong penjualan pada kekuatan produk-produk inovatif seperti Mate 20 Pro. Pada Desember 2018 Huawei mengumumkan bahwa mereka telah menjual 200 juta ponsel pada tahun 2018.

Berikut beberapa rumor tentang ponsel terbaru Samsung:

Tiga jenis Galaxy S10, termasuk model Plus dan Lite

Galaxy S10, S10 Plus, S10 Lite. Dikabarkan S10 akan memiliki ukuran 6,1 inch yang sama dengan S9 tapi dengan bezel yang lebih kecil dan menurut akun Twitter Ice Universe, akan ada total 3 kamera.

Galaxy S10 Plus, penerus S9 Plus akan dilengkapi dengan layar lebih besar dengan 6,4 inch dan 4 kamera belakang, 2 kamera depan dan baterai besar. Ice Universe mengatakan S10 plus memiliki ketebalan 7,8 mm dan baterai 4.000 mah.

Galaxy S10 Lite, versi lebih baru yang mungkin mengikuti jejak iPhone XR. Kemungkinan akan memiliki ukuran lebih murah, lebih kecil dengan 5,8 inch serta hardware yang lebih rendah. Diperkirakan tidak memiliki headphone jack dan pembaca sidik jari.

Fakta dan Rumor Galaxy S10, Ponsel Lipat Bikinan SamsungFoto: istimewa

Ponsel 5G pertama Samsung akan disebut Galaxy S10 X

Situs Korea Electronic News melaporkan bahwa Samsung akan mengeluarkan varian Galaxy S10 dilengkapi dengan 5G. Kemungkinan akan dinamakan Galaxy S10 X, ponsel ini akan diluncurkan di Korea pada Maret 2019 dengan harga 800.000 hingga 900.000 won, yang dikonversi menjadi sekitar US$715 hingga US$800.

Selain konektivitas 5G, ponsel yang dikabarkan memiliki beberapa spesifikasi serius: 4 kamera belakang dan 2 di depan; Layar Super AMOLED 6,7 inci; Baterai 5.000-mAh; RAM 10GB; dan penyimpanan hingga 1TB.

Samsung telah berkomitmen untuk mengeluarkan 4 ponsel 5G pada tahun 2019, 2 untuk AT&T dan sisanya untuk Verizon dan Sprint. Namun, meskipun ada desas-desus yang terus-menerus tentang hal yang sebaliknya, tidak banyak harapan tentang ponsel Galaxy S10 pada 20 Februari akan mendukung 5G.

Kepala ponsel Samsung, DJ Koh mengatakan kepada wartawan Korea pada November bahwa perangkat terpisah yang diluncurkan pada Maret pada operator Korea akan menjadi telepon 5G pertama sebagai gantinya. Bisa jadi ponsel itu adalah Galaxy S10 X.

Pelindung layar dapat memblokir pemindai sidik jari ultrasonik

Sensor sidik jari dalam layar yang secara akurat dan aman dapat mengidentifikasi cetakan Anda, sekarang menjadi hal yang penting. Huawei Mate 20 Pro dan OnePlus 6T juga memiliki hal ini dan diharapkan fitur ini hadir dalam ponsel utama pada 2019.

Mengingat Qualcomm telah mengumumkan chipset Snapdragon 855 akan mendukung variasi ultrasonik dari teknologi, ada kemungkinan kuat bahwa Galaxy S10 akan dilengkapi fitur ini.

Pabrikan kasing telepon, Armadillotek, telah membenarkan desas-desus itu tetapi menambahkan rumor dengan menunjukkan bahwa pemindai tidak akan dapat membaca cetakan melalui kaca tempered atau pelindung layar PET. Akibatnya, perusahaan mengatakan case Galaxy S10-nya tidak akan memiliki pelindung layar.

Fakta dan Rumor Galaxy S10, Ponsel Lipat Bikinan SamsungFoto: Samsung (REUTERS/Kim Hong-Ji)

Harga makin mahal hingga US$1.765

Samsung siap mengikuti langkah Apple dan mendongkrak harga seri ponsel flagship berikutnya. Gizmodo UK melaporkan Galaxy S10 entry-level baru, mungkin S10 Lite, dilengkapi dengan penyimpanan 128GB, yang akan mulai dijual dari £669 - yang dikonversi menjadi sekitar US$845. Harga hanya naik dari sana untuk standar S10 dan S10 Plus, yang mungkin termasuk teknologi kamera superior dan fitur-fitur canggih lainnya.

Berikut adalah ikhtisar harga yang dikabarkan untuk setiap model dan tingkat penyimpanan. Ingatlah harga di Inggris termasuk pajak 20%, sehingga setara dengan dolar tidak akan menjadi konversi langsung, bahkan jika ini akurat:
  • Galaxy S10 Lite, 128GB: £669
  • Galaxy S10, 128GB: £799
  • Galaxy S10, 512GB: £999
  • Galaxy S10 Plus, 128GB: £899
  • Galaxy S10 Plus, 512GB: £1.099
  • Galaxy S10 Plus, 1TB: £1.399
Mengganti pemindai iris dan akhirnya mendapatkan 'Face ID' 3D?

Ketika Galaxy S9 pertama diluncurkan, penggemar kecewa karena tidak menggunakan teknologi pemetaan kedalaman 3D yang aman untuk membuka kunci ponsel seperti Face ID iPhone.

Chip Qualcomm Snapdragon 845 yang dirilis pada 2017 telah mendukung pemetaan dengan 50.000 titik inframerah, dibandingkan dengan 30.000 titik inframerah Apple. Sebagai gantinya, Galaxy S9 mempertahankan penguncian iris mata Samsung.

Sekarang mungkin saatnya bagi Samsung untuk meningkatkan permainan penguncian mukanya. Rumor menunjukkan Galaxy S10 kehilangan pemindai iris dan dapat bersaing dengan Face ID.

Chip terbaru Qualcomm mendukung jenis lain dari teknologi pemetaan wajah yang juga cukup aman untuk pembayaran mobile, yang disebut Sense ID 3D Face Authentication. Mungkin sensor ini yang dapat memberi kekuatan pada Samsung untuk mengambil Face ID.

Selain membuka kunci ponsel dengan pemindaian wajah, kamera selfie pemetaan kedalaman dapat memungkinkan aplikasi dan efek AR yang lebih baik, seperti AR Emoji yang menyeramkan, saingan yang mendahului Memoji yang dijalankan dengan lebih baik dibandingkan Apple.

Simak video tentang proyeksi penjualan ponsel global tahun ini dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading