Perkembangan Teknologi

Dari Chating Hingga Pembayaran, Ini Dahsyatnya WeChat

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 February 2019 16:05
Dari Chating Hingga Pembayaran, Ini Dahsyatnya WeChat
Jakarta, CNBC Indonesia - WeChat merupakan aplikasi perpesanan (chat) paling populer di China dengan basis pengguna lebih dari 1 miliar orang. WeChat ini telah bertransformasi menjadi aplikasi perpesanan menjadi aplikasi untuk semua kebutuhan pengguna atau SuperApps.

Dirangkum dari CNBC International, ini beberapa layanan WeChat.

Perpesanan


Layanan Perpesanan Hingga Pembayaran, Ini Dahsyatnya WeChatFoto: REUTERS/Siphiwe Sibeko

Salah satu fitur utama WeChat adalah mengirim pesan. Sama seperti WhatsApp, Anda grup percakapan hingga percakapan privat. Ketika bertukar rincian kontak di China, Anda sering melihat satu orang memindai (scan) telepon orang lain. Setiap pengguna WeChat memiliki barcode unik yang dikenal sebagai QR code. Satu orang dapat memindai kode QR pengguna lain untuk menambahkannya ke WeChat.

Anda juga dapat menggunakan nomor telepon atau ID untuk menambahkan seseorang dan mencari orang-orang terdekat. Di China facebook diblokir sehingga mereka juga mengupdate kegiatan mereka melalui WeChat.

Pembayaran

Layanan Perpesanan Hingga Pembayaran, Ini Dahsyatnya WeChatFoto: REUTERS/Edgar Su

Pengguna bisa melakukan pembayaran dengan WeChat Pay diseluruh toko dan transportasi di China. Selama Anda memiliki rekening bank China, Anda dapat menautkannya ke WeChat. Ada dua cara pembayaran melalui aplikasi. Pertama, toko dapat memindai barcode WeChat unik Anda atau Anda dapat memindai barcode dari merchant tempat Anda membeli barang atau jasa.

Transfer uang instan ke kontak WeChat juga dapat dilakukan melalui fungsi pengiriman pesan, yang membuatnya mudah untuk membagi tagihan atau hanya memindahkan uang ke seluruh China. Pesaing utama WeChat Pay adalah Alipay, yang dimiliki oleh afiliasi Alibaba Ant Financial.

Mini-programs

WeChat dan Alipay sering digambarkan sebagai "aplikasi super" karena semuanya terintegrasi dalam satu layanan. Alih-alih memiliki satu aplikasi untuk perbankan dan yang lainnya untuk naik kendaraan, banyak dari ini dibangun langsung ke WeChat sehingga aplikasi menjadi toko serba ada bagi para penggunanya.

Perusahaan dapat memilih untuk meluncurkan mini-program. Program ini memungkinkan perusahaan untuk mengirim pesan promosi langsung ke pengguna melalui WeChat, serta memanfaatkan basis pengguna aplikasi lebih dari satu miliar.

Game dan top-up

Melalui WeChat pengguna bisa melakukan top up untuk pulsa. Selain itu, WeChat juga bisa untuk permainan game mulai membeli perangkat hingga membeli akun. Bagi Tencent, game sangat penting menyumbang 32% pendapatan perusahaan.


[Gambas:Video CNBC]




(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading