Startup

Gencar Incar Startup, Sinar Mas Punya Modal Ventura Anyar

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
29 January 2019 17:07
Gencar Incar Startup, Sinar Mas Punya Modal Ventura Anyar
Jakarta, CNBC Indonesia - Sinar Mas Grup sepertinya tidak main-main dalam bisnis startup di tanah air. Terbaru, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru saja memberikan izin usaha perusahaan modal ventura bernama PT Sinar Mas Ventura.

Dalam keterangan resmi OJK yang dipublikasikan Senin (29/1/2019), permohonan izin usaha PT Sinar Mas Ventura sebagai Perusahaan Modal Ventura telah sesuai dengan ketentuan Pasal 3 ayat (1) POJK Nomor 34/POJK.05/2015 ( POJK Nomor 34) Tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Modal Ventura yang mengatur bahwa setiap pihak yang melakukan kegiatan usaha PMV atau PMVS wajib mendapatkan izin usaha dari OJK.

"Sesuai dengan ketentuan Pasal 6 ayat (1) san ayat (2) POJK Nomor 34, PT Sinar Mas Ventura diwajibkan untuk melakukan kegiatan usaha paling lama 6 (enam) bulan setelah tanggal izin usaha ditetapkan dan wajib menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan usaha dimaksud kepada OJK paling lama 10 (sepuluh) hari kerja sejak tanggal dimulainya kegiatan usaha," ujar OJK dalam keterangan resminya.


Diberikannya izin usaha ini membuat Sinar Mas Grup memiliki tiga modal ventura yang siap menyuntik startup di Indonesia. Sebelumnya Sinar Mas masuk bisnis startup melalui Sinar Mas Digital Venture (SMDV).


Foto: Infografis/Filosofi Eka Tjipta Widjaja/Edward Ricardo

SMDV sudah berinvestasi di fintech peer-to-peer lending Modalku. Ikut dalam suntikan pendanaan baru kepada Warung pintar hingga jadi investor di HappyFresh, startup marketplace.

Pada April 2018, SMDV membentuk perusahaan modal ventura dengan menggandeng Yahoo Jepang dan East Ventures, perusahaan ini diberi nama EV Growth. Perusahaan modal ventura patungan ini akan fokus pada pendanaan Seri B sementara SMDV pada pendanaan Seri A.


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading