Startup

Fintech Sedot Dana Investor Rp 554 T, Mayoritas ke Alibaba

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
29 January 2019 15:30
Fintech Sedot Dana Investor Rp 554 T, Mayoritas ke Alibaba
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan financial teknologi (fintech) yang telah didukung venture capital telah mengumpulkan dana sebesar US$39,57 miliar atau setara Rp 553,98 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000) dari investor global pada 2018. Ini merupakan rekor pengumpulan dana baru, naik 120% dari tahun sebelumnya. Hal ini merupakan hasil penilitian dari CB Insights.

Pendanaan ini didapatkan dalam 1.707 kali suntikan dana. Naik dari tahun lalu yang hanya mencapai 1.480 suntikan modal. Sebagian besar suntikan dana ini didapatkan dari transaksi dengan nilai lebih dari US$100 juta dalam satu kali putaran pengumpulan dana.

Suntikan dana sebesar US$14 miliar kepada Ant Financial, perusahaan sistem pembayaran yang terafiliasi dengan Alibaba Group Holding menjadi yang terbesar tahun ini. Nilai ini setara dengan 35% dari total dana yang dikumpulkan oleh fintech, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (30/1/2019).


Dalam tiga bulan terakhir, ada lima unicorn baru di dunia. Termasuk startup penyedia kartu kredit bernama Brex, startup bank digital Monzon dan startup agregator data Plaid. Unicorn adalah startup yang memiliki valuasi di atas US$1 miliar.

Investor venture capital telah menggelontorkan dana miliaran dolar ke perusahaan fintech, dengan harapan mereka dapat mengambil pangsa pasar lembaga keuangan konvensional melalui layanan keuangan digital yang lebih mudah digunakan dan lebih murah.

Fintech Sedot Dana Investor Rp 554 T, Mayoritas ke AlibabaFoto: infografis/TIPS STARTUP AGAR DAPAT SUNTIKAN DANA SEGAR/Aristya Rahadian Krisabella

Fintech telah muncul secara global di semua sektor keuangan, termasuk pinjaman, perbankan dan manajemen kekayaan.

CB Insights memprediksi tahun ini ada kemungkinan beberapa fintech menunda rencana penawaran harga saham perdana (IPO) karena bisa memenuhi kebutuhan dana dari investor.

"Kegiatan IPO kemungkinan masih akan tetap loyo pada tahun 2019," tulis laporan CB Insights.

Transaksi suntikan modal untuk fintech di Asia tumbuh besar di 2018 dan menciptakan rekor baru sebesar US$22,65 miliar atau tumbuh 38%.

Simak Video tren bisnis digital Indonesia di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading