Investor Tokopedia Himpun Rp8 Triliun untuk Modali Startup RI

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 May 2022 17:00
East Ventures: Covid-19 Tekan Perkembangan Bisnis Startup RI (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan modal ventura, East Ventures, berhasil menggalang US$550 juta (Rp 8 triliun) untuk diinvestasikan ke startup Indonesia. Ini akan diperuntukkan bagi pendanaan startup di tahap awal dan lanjutan.

Co-founder dan Managing Partner East Ventures, Willson Cuaca menjelaskan dana itu akan dialokasikan US$150 juta (Rp 2,1 triliun) untuk startup tahap awal dan sisanya sebesar US$400 juta (Rp 5,8 triliun) startup yang sudah berkembang.

"Kami optimistis dengan Indonesia namun tetap memperhatikan kondisi pasar global. Kami membangun rekam jejak return yang kuat lebih dari satu dekade," kata Willson, dikutip dari keterangan resmi, Selasa (10/5/2022).


Managing Partner East Ventures Koh Wai Kit menyatakan insititusi yang menitipkan modalnya untuk dikelola East Ventures termasuk sovereign wealth fund (dana investasi milik negara), korporasi, dan family office. Salah satu pemodal tersebut adalah Z Holdings, grup pemilik Yahoo! Japan dan Line.

East Ventures punya lebih dari 200 startup tahap awal hingga tahap lanjutan di portofolio investasinya dan kini mengelola aset lebih dari US$1 miliar. Perusahaan di portofolio mereka juga telah berhasil menggalang dana lanjutan senilai US$6,7 miliar.

Portofolio investasi East Ventures termasuk Tokopedia, Traveloka, Ruangguru, Sirclo, dan Xendit. Selain itu, mereka juga memiliki saham di KoinWroks, Waresix, dan Sociolla.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kripto Anjlok, Investor Startup Masih Mau Tanam Modal?


(npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading