Perkembangan Teknologi

Ini Rahasia Sri Mulyani Atur Perkembangan Teknologi

Tech - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
11 October 2018 16:00
Sri Mulyani mengakui semangat dan gairah teknologi di Indonesia sangat tinggi meskipun kemampuan pemerintah menyediakan akses masih perlu ditingkatkan.
Nusa Dua, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan langkah-langkah yang diambil pemerintah dalam upaya menghadapi pesatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi ekonomi.

Dalam diskusi panel bertajuk Policies for Harnessing Technology for Growth yang diadakan di sela-sela rangkaian Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia (WB) Annual Meetings di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018), Sri Mulyani mengakui semangat dan gairah teknologi di Indonesia sangat tinggi meskipun kemampuan pemerintah menyediakan akses masih perlu ditingkatkan.

"Jadi, sewaktu kami berbincang dengan Melinda bagaimana teknologi dipandang sebagai peluang, bukan ancaman bagi negara mengharuskan tanggapan kebijakan," ujarnya. Ia merujuk pada Melinda Gates, salah satu pendiri Bill and Melinda Gates Foundation serta Pathways for Prosperity.

Selain istri miliuner dan pendiri Microsoft Bill Gates itu, hadir pulan CEO Grup Bank Dunia Kristalina Georgieva dan CEO EcoNet Strive Masiyiwa.

Sri Mulyani menjelaskan rumitnya merumuskan kebijakan bagi para pelaku teknologi. Di satu pihak ada yang meminta agar pemerintah jangan mengusik sektor ini, terutama dari sektor perpajakan, agar mereka dapat berkembang dengan baik.

Namun, di sisi lain ada disrupsi yang dirasakan pelaku usaha konvensional, misalnya di bidang ritel.

"Sebagai pemerintah, kami akan terus melihat, memantau, berkomunikasi, dan melibatkan perusahaan-perusahaan teknologi atau investor untuk melihat dan mendesain seperti apa lingkungan yang diperlukan," kata Sri Mulyani.

Ia mengaku telah berbicara dengan para raksasa teknologi, seperti Google, Amazon, dan Apple, dan mereka mengajukan daftar panjang apa saja yang mereka inginkan dari pemerintah, seperti perlakuan khusus di bidang perpajakan.

"Tentu kami melihat dulu apa yang menjadi pedoman internasional dari IMF atau OECD... Jadi, mari kita memberlakukan pajak yang adil seperti OECD punya baru kita bahas," kata Sri Mulyani.

"Setidaknya, ada wadah pemerintah untuk berdiskusi dengan mereka," tegasnya.





(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading