Naik KA, Ini 4 Kota Terfavorit Tujuan Wisatawan Indonesia

Tech - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
11 October 2018 14:08
Naik KA, Ini 4 Kota Terfavorit Tujuan Wisatawan Indonesia
Jakarta, CNBC Indonesia- Liburan tak melulu naik pesawat terbang. Banyak orang Indonesia yang memanfaatkan transportasi kereta api untuk berwisata bersama keluarga. 

Ada empat kota terfavorit tujuan orang Indonesia ketika memilih kereta api sebagai sarana transportasi. Empat kota apa yang dimaksud?




"Trennya masih sama, Jogja, Semarang, Bandung, Surabaya, itu masih paling diminati sampai saat ini," ujar Mukti Jauhari selaku Corporate Deputi Director Passanger Marketing and Sales dari PT KAI saat ditemui di Aryaduta Jakarta, Tugu Tani, Jakarta Pusat, Rabu (10/10/2018).

Mukti pun menambahkan, PT KAI sudah menyiapkan 240 ribu seat setiap hari untuk menghadapi libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, mulai 20 Desember sampai 6 Januari.

Angka itu bertambah 4% dari tahun lalu dan diharapkan target bisa meningkat 4% sampai 5% dari penjualan tiket kereta api selama musim libur akhir tahun. 

Untuk saat ini, Mukti menuturkan kalau tiket akhir tahun sudah banyak yang memesan baik buat kelas ekonomi, ekonomi premium, bisnis, dan eksekutif. Namun ekonomi premium yang sekarang lebih banyak diminati. 

"Penjualan sudah 15% sekarang, paling banyak diminati itu ekonomi premium, kalau stasiun dari Jakarta ya Stasiun Pasar Senen," ujarnya. 

Di akhir kata, Mukti menuturkan kalau peminat kereta api di musim libur akhir tahun trennya tidak sebanyak saat Lebaran. Perbandingannya jauh sekali. 

"Statistiknya kalau Lebaran 20 juta sampai 25 juta orang memperebutkan 110 ribu tiket per hari. Satu seat direbutkan sekitar 230 orang saat masa Lebaran," katanya lagi. 


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading