Cryptocurrency

Konkret! Bitcoin Cs Mulai Digunakan di Bisnis Remitansi

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
02 October 2018 16:11
Mata uang digital XRP mulai digunakan untuk bisnis pengiriman uang (remitansi) hingga penyelesaian transaksi jual-beli surat berharga
New York, CNBC Indonesia - Tiga perusahaan yang menyediakan layanan pembayaran lintas negara berencana menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh startup, Ripple. Transaksi ini menggunakan mata uang digital (cryptocurrency) XRP untuk mempercepat transaksi, kata Ripple, Senin (1/10/2018.

Ripple adalah pemilik mayoritas dan promotor mata uang virtual, XRP, yang didukung oleh teknologi basis data terdistribusi yang disebut blockchain. Ripple juga membuat platform untuk pembayaran lintas negara, yang disebut xRapid.

Konkret! Bitcoin Cs Mulai Digunakan di Bisnis RemitansiFoto: Infografis/Sejarah Bitcoin/Edward Ricardo

Layanan ini sudah tersedia secara komersial dan memiliki klien dari berbagai perusahaan seperti Cuallix, MercuryFX dan Catalyst Corporate Federal Credit Union. XRapid menggunakan XRP untuk mempercepat pembayaran internasional, menurut Ripple.


Mercury FX dan Cuallix adalah perusahaan pengiriman uang (remitansi), sementara Catalyst adalah lembaga keuangan yang menyediakan berbagai layanan kepada 1.400 union credit di seluruh Amerika Serikat (AS).

Jika layanan sudah diluncurkan akan menandai salah satu penggunaan pertama mata uang virtual oleh lembaga keuangan dalam produk komersial.

Chief Executive Ripple Brad Garlinghouse, dalam sebuah wawancara, menolak untuk mengungkapkan volume pembayaran Ripple mengharapkan untuk diproses oleh tiga perusahaan keuangan yang menggunakan xRapid.

Hal ini diumumkan ketika perusahaan keuangan terus bereksperimen dengan blockchain. Sebuah teknologi yang muncul untuk melacak dan menghidupkan transaksi mata uang digital.

Perusahaan besar berharap bahwa blockchain dapat membantu mereka menyederhanakan beberapa proses mulai dari pembayaran internasional hingga penyelesaian transaksi jual-beli surat berharga. Terlepas dari kehebohan di sekitar blockchain, beberapa proyek skala besar juga telah diluncurkan.

Pada saat yang sama, para pendukung mata uang digital berusaha untuk membuktikan bahwa token virtual memiliki kegunaan selain spekulasi.

"Dalam uji coba, kami melihat manfaat xRapid, dan kami bersemangat untuk menggulirkan pembayaran komersial dalam kuartal ini," kata Alastair Constance, CEO dan pendiri MercuryFX, dalam sebuah pernyataan.

[Gambas:Video CNBC]


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading