Perkembangan Teknologi

Cara Baru YouTube Dongkrak Pendapatan Bisnis

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
02 October 2018 14:25
Jakarta, CNBC Indonesia - Google ingin Youtube menghasilkan lebih banyak uang dari bisnis pencariannya (search) dengan memberikan lebih banyak opsi kepada pengiklan dalam menargetkan pengguna berdasarkan kueri dan kebiasaan mereka di situs.

Perusahaan induk Google, Alphabet tidak melaporkan pendapatan YouTube, analis di Nomura Instinet memperkirakan pada Juli situs tersebut menghasilkan US$12,8 miliar (Rp 193 triliun) dalam penjualan pada tahun 2017. Perusahaan juga memperkirakan kontribusinya akan meningkat mencapai US$22 miliar pada tahun 2020.

Sebagai perbandingan, total Google pendapatan iklan pada tahun 2017 adalah US$95,4 miliar.


Hari Senin (1/10/2018) dalam acara Advertising Week di New York, YouTube mengatakan ini menambahkan peluang sponsor baru melalui "ekstensi iklan untuk video." Sekarang, orang yang mencari ulasan di film dapat melihat spanduk untuk area mereka, atau seseorang yang melihat ulasan game mungkin melihat tautan untuk mengunduh game. Video terkait perjalanan dapat menyertakan informasi untuk membantu pengguna memesan perjalanan.

Tautan sponsor di ponsel muncul di bawah video.

Selain alat iklan baru, YouTube juga mengumumkan perusahaan riset pasar pihak ketiga, IRI, akan dapat melacak metrik kampanye iklan serta mendapatkan manfaat khusus untuk merek konsumen. Sebelumnya, Nielsen Catalina Solutions dan Oracle Data Cloud sudah menjadi mitra YouTube.

"Apa yang kami umumkan di Advertising Week benar-benar menggandakan keuntungan.  Benar-benar solusi untuk membuat video dapat lebih ditindaklanjuti dan untuk memungkinkan pengiklan mengukur kesuksesan," kata Tara Walpert Levy, wakil direktur agensi dan solusi merek Google, dalam sebuah wawancara .

YouTube telah lama menjadi tempat untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) di kalangan konsumen. Tetapi YouTube ingin memperluas layanannya dengan menyediakan lebih banyak metrik kinerja.

Cara Baru YouTube Dongkrak Pendapatan BisnisFoto: Infografis/Dapat Uang dari Youtube/Arie Pratama

(roy)
1 dari 2 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading