Perkembangan Teknologi

Dapatkan Konten yang Mendidik, YouTube Siapakan Dana Rp 30 M

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
23 October 2018 18:23
Dapatkan Konten yang Mendidik, YouTube Siapakan Dana Rp 30 M
Jakarta, CNBC Indonesia - Media berbagi video, YouTube meyiapkan investasi sebesar US$20 juta (Rp 303 miliar) untuk mendapatkan video yang lebih mendidik, mulai dari tutorial memasak hingga penjelasan ilmiah di dalam platformnya.

Langkah ini akan memberikan konten yang lebih aman untuk perusahaan pingklan dalam mengkampanyekan mereknya. Sejak Maret 2017, pengawasan telah diperketat pada video YouTube, ketika Times of London melaporkan adanya iklan merek ternama yang terpampang di sebelah konten neo-Nazi dan konten Jihadis.

Masalah ini kembali muncul pada November 2017, setelah sebuah video yang mengandung pornografi berkaitan dengan anak-anak.


YouTube telah melakukan beberapa langkah untuk mengatasi masalah tersebut, termasuk menjadi lebih selektif untuk saluran YouTube yang memenuhi syarat untuk dimonetisasi.

Investasi pada konten pendidikan, yang diumumkan pada Senin (22/10/2018) adalah bagian dari inisiatif YouTube Learning yang diperkenalkan pada bulan Juli 2017. Perusahaan menawarkan US$20 juta untuk mendanai video dan memperluas dukungan untuk para pembuat video jenis ini.

Cara ini juga memperkenalkan lebih banyak cara bagi merek untuk menemukan video YouTube yang sesuai. "Hal yang membuat kami benar-benar tertarik adalah menyoroti dan mendukung konten yang sangat dapat dipercaya dan kredibel," kata Malik Ducard, kepala pembelajaran global YouTube.

Penerima hibah awal termasuk TedEd, unit pendidikan dari Ted Conference, Vox, serta pencipta YouTube Crash Course dan Socratica.

"Saya dulu mengajar di kelas anak-anak, 30 anak pada satu waktu," kata Kimberly Harrison, kepala penulis dan produser Socratica. "Sekarang saya mengajar ratusan ribu sekaligus. Luar biasa."

YouTube juga akan memperkenalkan saluran baru bernama Learning, yang akan menjadi pusat untuk menemukan tutorial, video DIY, penjelasan, dan konten berbasis keterampilan. Organisasi lain akan menyediakan video tambahan, termasuk klip keterampilan kerja dari Goodwill. Video akan dipilih menggunakan teknik otomatis dan metode yang dipilih manusia.

Nanti agensi pemasaran dapat beriklan di jenis video ini melalui kemitraan antara YouTube dan perusahaan pemasaran influencer FameBit, yang diakuisisi Google pada tahun 2016. Kedua perusahaan tersebut bekerja sama untuk menghubungkan pembuat video pendidikan dengan merek untuk peluang mendapatkan sponsor.

Foto: Infografis/Dapat Uang dari Youtube/Arie Pratama


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading