Perkembangan Teknologi

Miliuner Jepang Ini Jadi Penumpang Pertama SpaceX ke Bulan

Tech - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
18 September 2018 12:34
Penerbangan pertama untuk mengelilingi bulan ini akan dilakukan pada 2023.
Maezawa, 42 tahun, adalah eksekutif Jepang paling berwarna. Dia adalah sosok yang rutin muncul di tabloid gosip negaranya dengan koleksi karya seni Jepang dan asing, mobil cepat dan pacar-pacar selebritis.

Maezawa memperoleh kekayaan dengan mendirikan situs belanja yang sangat populer bernama Zozotown. Peerusahaannya Zozo, yang secara resmi bernama Start Today Co Ltd juga menawarkan layanan pembuatan baju sesuai ukuran pengguna (made-to-measure) menggunakan bodysuit polkadot atau Zozosuit.

Di negara yang terkenal dengan budaya perusahaan tenang dan serius, pebisnis ini adalah satu dari kelompok kecil para pendiri yang sangat dikenal publik. Pebisnis lainnya termasuk Masayoshi Son dari SoftBank Group Corp dan Tadashi Yanai dari Fast Retailing.


SpaceXBlue Origin milik pendiri Amazon.com Jeff Bezos dan Virgin Galactic milik pebisnis Richard Branson bersaing untuk meluncurkan kendaraan luar angkasa pribadi. Maezawa akan masuk ke dalam daftar selebritas dan orang terkaya yang sudah memesan kursi penerbangan menggunakan kendaraan yang masih dikembangkan.

Mereka yang sudah mendaftar untuk tergang dengan misi sub-orbit Virgin Galactic termasuk aktor Leonardo Dicaprio dan bintang pop Justin Bieber. Penerbangan berdurasi 90 menit itu dipatok dengan harga $250.000.

Perjalanan melihat-lihat berdurasi pendek ke luar angkasa menggunakan roket New Shepard milik Blue Origin kemungkinan akan dipatok dengan harga setidaknya $200.000 sampai $300.000, tulis Reuters dalam laporan bulan Juli.

Maezawa sendiri sudah menunjukkan ketertarikannya terhadap mesin cepat. Dia menggelontorkan uang untuk berbagai kendaraan, termasuk mobil sport Bugatti Chiron dan Mercedes-Maybach G650 Landaulet SUV. Bulan lalu, dia bercuit di Twitter bahwa interior pesawat jet barunya dihiasi dengan label busana mewah Hermes.

Plesir ke sekitar bulan akan memberi sambutan publik untuk Zozo, perusahaannya, yang memiliki target penjualan luar negeri ambisius dengan dorongan dari lini pakaian pribadi custom-made. Saham perusahaan turun 4,7% setelah kabar tersiar, sebelum kemudian pulih.

Maezawa selalu susah payah dalam mencari pakaian yang cocok di tubuhnya yang kecil. Dia berharap bisa merevolusi industri busana melalui Zozosuit. Layanan itu memungkinkan pengguna mengunggah ukuran badannya dan memesan produk yang dibuat berdasarkan ukuran mereka.

SpaceX sudah memutarbalik industri pesawat luar angkasa dengan roket Falcon 9 yang murah dan bisa digunakan kembali. Perusahaan itu sudah melakukan lebih dari 50 peluncuran Falcon yang sukses dan memperoleh kontrak senilai miliaran dolar, termasuk kesepakatan dengan NASA dan Kementerian Pertahanan AS.

Ketika ditanya tentang prediksi CEO Boeing Co, Dennis Muilenburg, bahwa roket Boeing akan membawa manusia untuk pertama kalinya ke Mars, Musk merespon dengan berkata, "Permainan dimulai". Para karyawan pun langsung menyambut ungkapan itu dengan meriah.



(roy)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading