Perkembangan Teknologi

iOS 12 Diluncurkan, Ini Update Terbaik untuk iPhone dan iPad

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
05 June 2018 14:56
iOS 12 akan tersedia untuk iPhone dan iPad secara gratis akhir tahun ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - Apple Inc resmi meluncurkan sistem operasi mobile terbaru bernama iOS 12 pada ajang WWDC 2018 pada hari Senin (4/6/2018). iOS 12 akan tersedia untuk iPhone dan iPad secara gratis akhir tahun ini.
 
Dilansir dari CNBC International, berikut adalah pembaruan terbaik yang perlu diketahui pengguna gadget buatan Apple:
 
Kinerja lebih cepat
 
Apple mengatakan telah 'menggandakan' kinerja sehingga iPhone dan iPad akan terasa lebih cepat dan lebih responsif. Pembaruan ini juga akan tersedia untuk semua perangkat yang didukung oleh iOS 11, termasuk iPhone 5s keluaran tahun 2013.

Kinerja iOS12 lebih cepat 40% dari iOS 11. Apple mengatakan hal ini dapat terjadi karena adanya deteksi otomatis, yang pada saat pengguna membutuhkan peningkatan kinerja maka prosesor di dalam ponsel atau iPad akan terdorong untuk fokus pada tugas tersebut.
 
Mode 'Jangan Ganggu Selama Waktu Tidur'
 
Apple memiliki banyak aplikasi yang bertujuan untuk membantu membatasi waktu penggunaan ponsel. Dengan mengaktifkan mode 'Do Not Distturb During Bedtime' pengguna tidak akan mendapat notifikasi saat menjelang tidur di malam hari. Pengguna dapat memilih kapan mode ini berakhir, yang dapat berakhir saat pengguna meninggalkan lokasi tertentu atau tergantung pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

iOS 12 Diluncurkan, Ini Update Terbaik untuk iPhone dan iPadFoto: REUTERS/Elijah Nouvelage

Shortcut Siri


Siri mendapatkan beberapa pembaharuan di iOS 12. Dengan aplikasi 'shortcut' baru, pengguna dapat mengatur pertanyaan Siri yang ditentukan sebelumnya yang secara otomatis mengaktifkan suatu aplikasi. Jika pengguna berkata, "Bantu saya bersantai", Siri bisa mulai memutar musik dan meredupkan lampu ponsel.

Pengguna juga dapat memberitahu Siri jika ingin memesan bahan makanan, dan Siri akan membuka aplikasi pengiriman bahan makanan. Siri akan belajar, jadi jika tahu pengguna selalu minum kopi di pagi hari, Siri dapat menyarankan kepada pengguna untuk memesan secara teratur melalui aplikasi kopi.

Jika pengguna terlambat untuk rapat, Siri dapat menyarankan pengguna perangkat untuk mengirim pesan kepada peserta rapat mengenai keterlambatan tersebut.
 
Screen Time
 
Apple akan memberikan ringkasan setiap minggunya tentang rincian penggunaan iPhone selama seminggu penuh. Bagi pengguna yang ingin mengurangi penggunaan aplikasi, dapat mengatur berapa lama waktu menggunakan aplikasi setiap harinya. Setelahnya aplikasi tidak akan aktif untuk sisa waktu itu.

Notifikasi yang lebih baik
 
Apple juga berusaha mengontrol kualitas notifikasi. Jika melihat pemberitahuan, pengguna dapat menekannya dan memutuskan untuk memastikan pemberitahuan tidak muncul di layar kunci atau mematikannya sepenuhnya. Siri akan menyarankan pengguna untuk menonaktifkan pemberitahuan untuk aplikasi yang bahkan tidak digunakan.

Notifikasi Terkelompok (Grouped Notification) sekarang akan dikelompokkan berdasarkan thread, topik, dan aplikasi. Jika mengetuk notifikasi tersebut, pengguna dapat melihat lebih banyak notifikasi dari aplikasi tertentu atau, dengan satu sapuan, dapat menutup semua pemberitahuan tersebut.
 
Pesan dan memoji
 
Apple akan memungkinkan pengguna menyesuaikan emoji animasi (Animoji) sendiri, dengan spin-off yang disebut 'Memoji'. Memoji pada dasarnya adalah versi 3D dari pengguna yang dapat bergerak berdasarkan ekspresi wajahnya. Saat ini Memoji baru tersedia di iPhone X. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memilih sendiri gaya rambut, warna kulit, freckles (bintik wajah), warna mata, bentuk kepala, kacamata dan banyak lagi.
 
Animoji baru lainnya yang hadir di iOS 12 termasuk harimau, koala, hantu, dan T-Rex.
 
Aplikasi perpesanan Apple, Messages juga akan membiarkan pengguna mengambil foto diri sendiri dan menambahkan teks secara kustom, latar belakang dan banyak lagi, yang dapat dikirim langsung di dalam aplikasi tersebut.
 

Panggilan grup Facetime
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading