Perkembangan Teknologi

iOS 12 Diluncurkan, Ini Update Terbaik untuk iPhone dan iPad

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
05 June 2018 14:56
iOS 12 akan tersedia untuk iPhone dan iPad secara gratis akhir tahun ini.
Dalam penbaharuan terbaru FaceTime akan memiliki anggota grup mencapai 32 akun. Apple juga mengintegrasikan FaceTime ke dalam Messages, sehingga pengguna dapat mengubah grup obrolan tertentu langsung ke obrolan grup video . Daftar semua orang di panggilan disertakan di bagian bawah layar, sehingga pengguna dapat melihat semua orang yang telah bergabung dengan panggilan itu. 

Ketika seseorang berbicara, tile-nya (kolom wajah) menjadi lebih besar secara otomatis. Dengan mengetuk dua kali pada wajah siapa pun di panggilan, maka namanya akan naik ke posisi teratas dan tile-nya berada di tengah layar. Filter, stiker, dan efek lain  pun tersedia dalam obrolan grup FaceTime.
 
Augmented reality

 
Augmented reality (AR) diperkenalkan di iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X tahun lalu. Fitur ini memungkinkan aplikasi untuk menempatkan gambar-gambar yang dihasilkan komputer di atas layar secara real-time dari dunia nyata, yang paling terkenal adalah yang digunakan dalam permainan populer beberapa tahun lalu, Pokemon Go.
 
Sekarang Apple memiliki format file baru bernama 'USDZ' yang memungkinkan pengembang membawa efek AR ke aplikasi lain. Apple mengimajinasikan use-cases untuk format file ini di situs belanja untuk Fender, perusahaan pembuat gitar. Dengan aplikasi itu orang bisa berbelanja gitar baru dan dapat melihat seperti apa penggunaannya dalam kehidupan nyata. Dengan mengetuk sebuah tombol, gitar secara ajaib muncul di depan pengguna, seolah-olah itu ada di ruang tamunya.

iOS 12 Diluncurkan, Ini Update Terbaik untuk iPhone dan iPadFoto: REUTERS/Elijah Nouvelage
  
Aplikasi baru bernama Measure
 
Aplikasi baru Measure dari Apple memungkinkan pengguna mengukur jarak antara dua objek dan lainnya. Alih-alih mengandalkan pita pengukur, pengguna kini dapat menggunakan ponsel untuk memeriksa sesuatu dimensi. Pengembang telah membuat aplikasi serupa sebelumnya, tetapi ini pertama kalinya Apple memasukkan salah satu yang asli di dalam iOS 12. 


Photos
 
iOS 12 memiliki banyak pembaruan untuk fitur Photos.
 
Pembaharuan ini menyediakan 'saran pencarian' yang akan menyoroti momen utama, tempat dan peristiwa yang menurutnya akan membuat pengguna tertarik. Pengguna juga dapat mencari melalui lebih dari 4 juta peristiwa yang dapat diidentifikasi oleh Foto, seperti konser. 

Tab baru 'For You' mencakup memori film dan foto yang diambil pada hari yang sama di tahun-tahun sebelumnya, dan saran untuk efek foto yang mungkin ingin diterapkan pengguna.

Apple menambahkan 'berbagi saran' ke Photos, yang menandakan bahwa orang-orang di Apple berpikir pengguna mungkin ingin membagikan album itu. Jika seorang teman berada di acara yang sama, Photos akan menyarankan gambar yang dapat dibagikan teman kembali kepada pengguna sehingga kedua orang itu memiliki semua gambar dari acara tersebut.
 
Pembaruan aplikasi
 
Apple juga memperbarui beberapa aplikasinya. News, misalnya memiliki tab jelajah baru untuk menemukan saluran, topik, dan sumber berita favorit pengguna. Di iPad Anda bisa mengetahu sumber-sumber berita dengan mengetuk satu per satu sumber tersebut.
 
Aplikasi The Stocks memiliki grafik bagan baru yang menunjukkan kinerja saham sepanjang hari, tetapi juga akan menyertakan berita dari Apple News untuk saham yang dicari pengguna. Jika pengguna membaca tentang Intel, misalnya, pengguna akan melihat berita-berita dalam Apple News.

CarPlay

CarPlay mendapatkan pembaruan di iOS 12. Aplikasi ini akhirnya akan mendukung aplikasi navigasi pihak ketiga, termasuk Waze dan Google Maps. Hal itu merupakan berita besar bagi pengemudi yang lebih memilih Google Maps daripada Apple Maps. Sebelumnya, driver hanya bisa menggunakan Apple Maps, yang tidak selalu akurat seperti Google Maps.




(roy)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading