Startup

Jack Ma Suntikkan Dana ke Startup Penyewaan Pakaian Wanita

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 March 2018 13:28
Jack Ma Suntikkan Dana ke Startup Penyewaan Pakaian Wanita
Jakarta, CNBC Indonesia - Jack Ma dan Joe Tsai, pendiri Alibaba jadi salah satu investor Rent the Runway, startup penyewaan pakaian wanita. Mereka masuk ke Rent the Runway setelah Blue Pool Capital menyuntikkan dana sebesar US$ 20 juta atau setara Rp 270 miliar.

Blue Pool merupakan perusahaan investasi yang didirikan oleh Jack Ma dan Joe Tsai. Blue Pool bergabung dengan beberapa investor dalam pengumpulan dana investasi yang diselenggarakan Rent the Runway yang berhasil mengumpulkan dana sedikitnya US$ 800 juta (Rp 11,07 triliun).

Pendiri dan CEO Rent the Runway, Jennifer Hyman mengatakan sebenarnya pihaknya tidak membutuhkan suntikan modal dari investor karena sudah bisa mencetak laba kotor. Namun, manajemen menganggap sekarang waktu yang menguntungkan bagi siklus bisnisnya mengumpulkan dana dari investor.


"Saya sangat menghormati Joe (Tsui) dan Jack (Ma) dan secara opertunis kami ingin melibatkan mereka dalam bisnis kami yang sedang masuk pada tahap pertumbuhan terbesar. Melihat aspirasi global yang kami miliki, saya pikir adanya mereka di sekitaran meja kerja sangat baik buat kami," ujar Hyman pada Recode seperti dikutip CNBC, Minggu (10/3/2018).

Joe Tsai akan masuk dalam jajaran direksi Rent the Runway, tetapi tidak tidak akan berpartisipasi dalam rapat dewan direksi dan juga tak memiliki hak suara. Rent the Runway menggalang pendanaan terakhir kali pada 2016.

Menurut PitchBook penggalangan dana tersebut berhasil mengumpulkan dana sebesar US$750 juta. Termasuk pengumpulan dana Seri E sebesar US$ 60 juta yang dipimpin Fidelity. Blue Pool masuk ke Rent the Runway dengan syarat yang sama dengan investor Seri E.

Rent the Runway didirikan pada 2009 yang memberikan layanan penyewaan pakaian wanita dari perancang busana untuk menghadiri sebuah acara. Dalam dua tahun terakhir, Rent The Runway telah menambah rekanan ke para model yang membuat pelanggan bisa menyewa pakaian model sehari-hari. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading