Rajin Ekspansi, Ini Orang Terkaya Dunia Karena Teknologi

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
07 March 2018 13:00
Rajin Ekspansi, Ini Orang Terkaya Dunia Karena Teknologi
Jakarta, CNBC Indonesia - China dan Amerika Serikat (AS) jadi dua negara yang paling banyak melahirkan miliuner teknologi. Perusahaan dari kedua negara ini memang aktif mengembangkan teknologi dan rajin berekspansi ke negara lain. Biasanya cara yang dipilih dengan mengakuisisi perusahaan teknologi yang punya pangsa besar di negara asalnya.

Maka wajar bila miliuner dari kedua negara ini mendominasi daftar orang terkaya sejagat dari teknologi. Forbes mencatat, dari daftar orang terkaya sejagat dari teknologi, sebesar 38% berasal dari AS dan 26% dari China.

Dalam daftar orang terkaya sejagat dari Forbes, The World Billionaires 2018, dominasi kedua negara ini masih berlanjut. Namun yang terbaru, dua miliuner asal China, Ma Huateng (Pony Ma) dan Jack Ma, masuk dalam daftar 20 orang terkaya sejagat. Kenaikan kekayaan Pony Ma karena WeChat dan Jack Ma dengan e-commerce.


Amazon Inc merupakan toko online (e-commerce) yang menjadikan Jeff Bezos sebagai orang terkaya sejagat dari teknologi. Pria berusia 54 tahun ini memiliki total kekayaan US$112 miliar atau setara Rp 1.512 triliun. Jeff Bazos memiliki 16% saham Amazon.

Microsoft Corporation menghantarkan Bill Gates dan Steve Ballmer sebagai orang terkaya sejagat. Bill Gates merupakan pendiri dan Steve Ballmer merupakan mantan CEO Microsoft. Saat ini Bill Gates memiliki total kekayaan US$90 miliar atau setara Rp 1.215 triliun. Steve Ballmer memiliki total kekayaan US$38,4 miliar (Rp 518,4 triliun).

Facebook Inc jadi kendaraan Mark Zuckerberg untuk menjadi miliuner. Facebook menjadi perusahaan publik pada 2012. Saat ini Zuckerberg memiliki 17% saham Facebook dan total kekayaan mencapai US$71 miliar (Rp 958 triliun).

Google Inc membuat dua pendirinya Larry Page dan Sergey Brin masuk daftar orang terkaya sejagat. Larry Page merupakan CEO Google dan Sergey Brin merupakan presiden Alphabet, induk usaha Google Inc. Larry Page memiliki kekayaan US$48,8 miliar (Rp 658,8 triliun) dan Sergey Brin US$47,5 miliar (Rp 641,25 triliun).

Tencent Holding Limited merupakan perusahaan investasi teknologi yang didirikan Pony Ma. Mesin bisnis utama Tencent adalah WeChat. Aplikasi pesan singkat ini telah memiliki lebih dari satu miliar akun. Total kekayaan Pony Ma. US$45,3 miliar (Rp 611,55 triliun).

Alibaba Grup merupakan toko online dengan jaringan terbesar di dunia. Alibaba didirikan Jack Ma dan saat ini ia duduk sebagai chairman Alibaba Grup. Alibaba cukup aktif mengembangkan bisnis ritel di bidang offline. Total kekayaan Jack Ma US$39 miliar (Rp 526,5 triliun). (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading