Jeff Bezos, Manusia Berharta Rp 1.512 T atau 50% APBN RI

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
07 March 2018 11:58
Jeff Bezos, Manusia Berharta Rp 1.512 T atau 50% APBN RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Jeff Bezos, dinobatkan oleh Forbes sebagai orang terkaya di dunia 2018. CEO Amazon itu menggeser pendiri Microsoft Bill Gates yang pada 2017 bercokol di peringkat pertama.  

Kekayaan Bezos, dilansir Forbes, mencapai US$ 112 miliar atau sekitar Rp 1.512 T. Nilai ini menggambarkan sekitar 50% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia pada 2018.  

Lantas, siapakah Jeff Bezos? Bezos merupakan pendiri Amazon.com, perusahaan perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Seattle, Amerika Serikat (AS). Pria kelahiran 12 Januari 1964 silam itu mendirikan Amazon pada 1994. 


Bezos mengawali karirnya sebagai teknisi di Wall Street, sebelum akhirnya mencapai puncak karirnya saat menjadi Wakil Presiden D.E. Shaw & Co, sebuah perusahaan manajer investasi terkemuka di negeri Paman Sam.


Setelah 4 tahun mengecap kesuksesan sebagai analis, Bezos memutuskan untuk mengambil risiko dengan mengubah profesinya untuk terjun ke dunia ekonomi digital dengan mendirikan Amazon.com.

Keputusan tersebut pun mungkin tidak akan menjadi penyesalan dalam hidupnya, lantaran saat ini sepak terjang Amazon.com semakin menjadi-jadi, dan membuat Bezos menjadi orang terkaya sejagat. 


Saat ini, nilai kapitalisasi pasar Amazon per Februari 2018 mencapai US$ 702,5 miliar, atau berada pada posisi ketiga di bawah nilai kapitalisasi pasar perusahaan teknologi lainnya seperti Apple dan Alpahabet. 

Kesuksesan Amazon.com akhirnya membawa Bezos sebagai orang terkaya di planet bumi.  Asal kekayaan Bezos tak lepas dari kenaikan saham Amazon hingga 59% dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Pasca pengumuman tersebut, saham Amazon pun terus meroket dan valuasinya bertambah hingga US$ 127 miliar. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading