Fintech

Tiga Tren Kolaborasi Perusahaan Fintech di 2018

Tech - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
23 February 2018 14:58
Tiga Tren Kolaborasi Perusahaan Fintech di 2018
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur kebijakan Publik Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech), Aji Suleiman, memastikan tahun ini akan ada 3 tren model kolaborasi perusahaan Fintech di 2018. Kolaborasi tersebut ialah, kolaborasi co-sharing, co-marketing serta co-lending portofolio.

Saat ini sudah ada sekitar 7 perusahaan Fintech dalam Aftech yang melakukan kolaborasi tersebut, salah satunya melalui perbankan. "Paling tidak 3 hal ini yang kolaborasinya sedang terlihat. Dari anggota asosiasi kita ya baru sekitar 6 sampai 7 perusahaan. Memang skalanya sih masih belum besar", ujar Aji, di Virtual Office Contennial Tower, Jumat (23/2/2018).

Aji menambahkan, kolaborasi co-lending dan co-marketing yang paling banyak dilakukan oleh perusahaan Fintech dengan perbankan. Kolaborasi tersebut diantaranya kerjasama dengan perbankan, untuk mendapatkan konsumen bagi perusahaan Fintech yang tidak dapat diserap oleh perbankan dalam pembiayaan kredit.


Sementara hal yang paling menarik, ialah kolaborasi co-sharing portofolio. Dalam kolaborasi ini, perusahaan Fintech bekerja sama dengan perbankan untuk melatih konsumen yang tidak layak di perbankan, untuk diujicobakan di layanan Fintech. Sehingga saat konsumen tersebut dinilai layak, perbankan akan meneruskan konsumen tersebut untuk mendapatkan pembiayaan dari perbankan.

"Co-sharing portofolio itu paling menarik, ini karena perusahaan peer to peer (P2P) lending ini kan menyasar yang unbankable yang gak layak gitu .Secara on paper mereka tidak layak mendapatkan pinjaman, jadi dilatih dulu di P2P lending dulu,  setelah beberapa lama terbukti bayar, terbukti ia mampu jadi dia naik kelas bisa pindah ke perbankan", tambah Aji.

Dirinya menilai, 3 tren kolaborasi terutama co-sharing portofolio tersebut akan terus meningkat di tahun ini. Mengingat sifat digital ekonomi yang selalu diikuti oleh berbagai pihak karena dinilai sangat menarik. "Kan ini seperti ujicoba model kalau berhasil ngikutlah. Kayak P2P Lending kan dulu baru 3 perusahaan, sekarang udah 33 perusahaan ngikutkan, itu udah terbukti," tambah Aji.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading