Jangan Tertipu Spekulasi, Ini Deretan Fakta Merger BRIS Cs

Syariah - dob, CNBC Indonesia
17 October 2020 19:02
3 Bank Syariah BUMN Siap Dimerger, Begini Rencana Erick

Jakarta, CNBC Indonesia - Jagat keuangan dan perbankan Tanah Air, khususnya syariah akan kedatangan pemain baru muka lama. Bank pelat merah syariah dipastikan akan melebur menjadi satu.

Tiga bank umum syariah anak usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Bank BNI Syariah, PT Bank BRI Syariah Tbk, dan PT Bank Syariah Mandiri resmi menjalani proses merger.

Hal ini tertuang dalam MoU atau Nota Kesepahaman (Conditional Merger Agreement/CMA) antara ketiga bank dan induk usahanya masing-masing yang diteken pada Selasa sore (13/10/2020).


Dalam merger ini, Bank BRISyariah ditetapkan menjadi bank survivor atau entitas yang menerima penggabungan (surviving entity) dari merger tiga bank syariah BUMN.

"Memperhatikan Perjanjian Penggabungan Bersyarat, setelah penggabungan menjadi efektif, BRIS akan menjadi entitas yang menerima penggabungan, dan pemegang saham BNI Syariah dan pemegang saham BSM, akan menjadi pemegang saham entitas yang menerima penggabungan," tulis manajemen BRIS dalam keterbukaan informasi, dikutip Selasa (13/10/2020).

Dalam konferensi pers Selasa sore, Ketua Tim Project Management Office (PMO) yang juga Plt Dirut PT Bank mandiri Tbk (BMRI) Hery Gunardi mengatakan alasan peleburan ini guna meningkatkan core competence masing masing, pun tak kecuali perbankan BUMN.

"Kementerian BUMN berencana gabungkan 3 bank syariah BRIS, BSM, BNIS tujuannya adalah agar Indonesia sebagai negara penduduk Muslim terbesar dunia, 13% populasi Muslim dunia adalah Indonesia jadi harapannya bisa ada bank syariah besar dan daya saing global gak hanya domestik tapi internasional," tegasnya.

Bagaimana prospeknya?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading