Gokil Kakak! Beli BRIS di Maret, Modal NMAX Jadi Honda Jazz

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
17 October 2020 17:36
BRIsyariah Salurkan Dana PEN untuk UMKM (Dok. BRIsyariah)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak ada ungkapan yang lebih tepat selain 'ketiban rejeki nomplok' jika seseorang membeli saham sebuah bank syariah anak usaha bank pelat merah yaitu PT Bank BRISyariah Tbk (BRIS) di akhir Maret lalu dan menjualnya di bulan Oktober. 

Ketika harga saham-saham global anjlok signifikan bulan Februari-Maret akibat merebaknya fenomena lockdown untuk mengendalikan pandemi Covid-19. Banyak aset ekuitas dalam negeri yang ikut terjun bebas. 

Mulai dari saham-saham yang kelasnya bluechip hingga yang berkolesterol tinggi alias gorengan hancur lebur. Salah satu saham yang harganya juga anjlok adalah BRIS. Pada 24 Maret 2020, satu unit saham BRIS dihargai Rp 135. 


Namun seiring dengan berjalannya waktu harga saham-saham mulai merangkak naik lagi. Apalagi setelah bank sentral global menggelontorkan berbagai stimulus moneter dan pemerintah melakukan ekspansi fiskal. 

Beberapa saham ada yang belum kembali ke level sebelum pandemi, ada yang sudah tetapi ada juga yang terbang. Salah satu saham yang berlari kencang tanpa interupsi adalah BRIS.

Sebenarnya harga BRIS sempat mencapai level tertingginya di sepanjang tahun ini pada September lalu di Rp 985/unit. Setelah itu harga saham BRIS berangsur turun. Setelah sempat menyentuh level Rp 725/unit, harga saham BRIS mulai reli lagi. 

Apalagi setelah ada kabar bakal ada mega merger tiga bank syariah anak usaha bank BUMN yaitu Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan BRIS. Harga saham BRIS langsung bergerak liar. 

Kabar tersebut akhirnya terwujud di bulan Oktober ini. Pada 14 Oktober lalu harga penutupan BRIS menyentuh level tertinggi sejak penawaran perdana yaitu di Rp 1.405/unit. Bayangkan dari level terendah Rp 135/unit artinya harga saham BRIS telah melonjak 933%. 

Jika Anda memiliki modal Rp 30 juta saja atau seharga dengan satu unit motor NMAX, maka hanya dalam kurun waktu kurang dari tujuh bulan modal Anda tidak hanya balik tapi untung sampai hampir 10 kali lipat. 

Ketika Anda menjualnya pada 14 Oktober kemarin, maka modal Anda yang setara dengan NMAX tadi kini sudah bisa digunakan untuk membeli satu unit mobil Honda Jazz tunai tanpa kredit! Fantastis bukan?

BRIS sebelum merger adalah bank syariah dengan total aset mencapai Rp 51,8 triliun di bulan Agustus. Sebanyak 73% saham perusahaan dimiliki oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan sebanyak 8,59% dimiliki oleh dana pensiun pegawai BBRI


[Gambas:Video CNBC]

(twg/twg)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading