Diluncurkan Jokowi, Ini 4 Fokus Masterplan Ekonomi Syariah RI

Syariah - Fikri Muhammad, CNBC Indonesia
14 May 2019 16:00
Diluncurkan Jokowi, Ini 4 Fokus Masterplan Ekonomi Syariah RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 merekomendasikan empat langkah dan strategi utama sebagai langkah terobosan dan percepatan pertumbuhan ekonomi syariah di dalam negeri.

Menteri Bappenas sekaligus Sekretaris KNKS Bambang Brodjonegoro mengatakan langkah pertama adalah penguatan halal value chain dengan fokus pada sektor yang dinilai potensial dan berdaya saing tinggi.

Kedua, penguatan sektor keuangan syariah dengan rencana induk yang sudah dituangkan dalam Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia (MAKSI) sebelumnya dan disempurnakan ke dalam rencana induk.



Langkah Ketiga adalah penguatan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai penggerak utama halal value chain.

"Keempat penguatan di bidang ekonomi digital utamanya perdagangan (e-commerce, market place) dan keuangan (teknologi finansial) sehingga dapat mendorong dan mengakselerasi pencapaian strategi lainnya," jelas Bambang dalam konferensi pers sebelum peluncuran Masterplan Ekonomi Keuangan Syariah Indonesia 2019-2024, Selasa (14/5/2019).

Dia melanjutkan, untuk menjalankan keempat strategi tersebut, ada hal yang harus dilakukan, yaitu peningkatan kesadaran publik, peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, penguatan kapasitas riset dan pengembangan (R&D), serta penguatan fatwa, regulasi dan tata kelola.

Diluncurkan Jokowi, Ini 4 Fokus Masterplan Ekonomi Syariah RIFoto: Kepala Bappenas Bambang Brodjo di Konferensi Pers Peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia. (CNBC Indonesia/Fikri)

"Dengan MEKSI 2019-2024 ini, saya harap pemerintah dan semua pihak memiliki semangat yang sama dalam mengimplementasikan rekomendasi strategi kebijakan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia untuk mencapai visi yang telah ditetapkan," ujar Bambang.

Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) akan meluncurkan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia pada Selasa hari ini (14/5/2019). Peluncuran akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga menjabat sebagai Ketua KNKS.



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading