Alhamdulillah, Indonesia Luncurkan Masterplan Ekonomi Syariah

Syariah - Fikri Muhammad, CNBC Indonesia
14 May 2019 15:24
Alhamdulillah, Indonesia Luncurkan Masterplan Ekonomi Syariah
Jakarta, CNBC Indonesia - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) akan meluncurkan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia pada Selasa hari ini (14/5/2019). Peluncuran akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga menjabat sebagai Ketua KNKS.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Kepala Bappenas sekaligus Sekretaris KNKS Bambang Brodjonegoro mengatakan peluncuran ini didasari karena sektor keuangan syariah tidak akan bisa bergerak sendiri, karena harus ada sisi permintaan yang kuat dari industri yang membutuhkan keuangan syariah.

"Sebentar lagi atau sore hari ini kita akan menyaksikan launching dari Masterplan Ekonomi Syariah 2019-2024," ujar Bambang, Selasa (14/5/2019).



Lebih rinci dia menjelaskan, perbankan syariah di Indonesia banyak yang memberikan pembiayaan uang, tetapi belum menunjang industri halal di Indonesia. "Karena itu kami ingin melakukan perbaikan dari sisi permintaan ekonomi syariah sektor riil yakni industri halal," ujarnya.

Saat ini Indonesia berada dalam posisi 10 untuk industri halal dunia berdasarkan laporan Global Islamic Economy Report. "Harusnya Indonesia bisa punya posisi yang lebih tinggi dari itu dalam industri halal global," ujar Bambang.

(dob/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading