Resmi! Roadmap Perbankan Syariah Diluncurkan

Syariah - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 February 2021 12:28
Suasana pelayanan kantor cabang Bank Syariah Indonesia, Jakarta Senin (1/2). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI/BRIS) resmi beroperasi. Direktur Utama BRIS Hery Gunardi menjelaskan bahwa integrasi ketiga bank BRIsyariah, BNI Syariah dan BSM telah dilaksanakan sejak Maret 2020 atau memakan waktu selama 11 bulan.

Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun resmi meluncurkan Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia (RP2SI) 2020-2025, Kamis (25/2).

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana, mengatakan bahwa roadmap Pengembangan Perbankan Syariah ini merupakan suatu hal yang sangat penting.

Upaya roadmap ini merupakan pelaksanaan dari Master Plan Sektor Jasa Keuangan Indonesia 2021-2025 (MSPJKI) yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.


"Roadmap ini menunjukkan bahwa OJK memberikan perhatian khusus karena punya cita-cita keinginan untuk menuju pusat ekonomi dan syariah di dunia. Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah ini merupakan suatu hal yang sangat penting bagian dari masterplan Pengembangan Perbankan Indonesia yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu," kata Heru dalam launching dan press confrence Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia (RP2SI) 2020-2025, Kamis (25/2/2021).

Dia menambahkan bahwa adanya peluncuran roadmap ini sebagai komitmen OJK agar cita-cita untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi Syariah dunia bisa terwujud.

Selain itu, di tengah situasi yang tidak menentu karena pandemi Covid-19, ini menjadi tantangan tersendiri terhadap layanan keuangan perbankan, termasuk perbankan syariah, seperti pola transaksi dari physical ke virtual yang kini sudah sangat berkembang dengan masif.

Heru pun berharap agar tantangan ini segera diselesaikan seperti berkolaborasi dengan berbagai pihak. Ini bisa menjadi kunci untuk ekonomi Indonesia semakin positif dan Indonesia bisa keluar dari permasalahan pandemi Covid-19 selama 2020.

"Kami berharap tentunya berbagai kolaborasi OJK tentunya bersama penggiat syariah terwujud. Ini agar ekonomi kita pada kuartal selanjutnya bisa tumbuh positif. Ekonomi syariah Indonesia sedang bangus," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading