Jokowi Buka-bukaan Soal Krisis, Subsidi BBM, hingga IKN

Profil - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
18 August 2022 20:36
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Economic Update 2022 Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Dokumentasi CNBC Indonesia)

Ada isu yang hot di kalangan pengusaha, investor, dan juga para politisi bahwa kepemimpinan Anda akan berlangsung hingga 3 periode atau bahkan perpanjangan masa jabatan. Sebagian kalangan menilai ini penting untuk menjaga rencana-rencana yang sudah bapak lakukan sekarang agar terus berjalan. Bagaimana tanggapan bapak terkait desas-desus tersebut?

Itu kan sudah saya jawab bolak-balik. Saya sudah jawab itu mungkin lebih dari empat kali masa dipertanyakan lagi. Yang jelas saya taat pada konstitusi. 

Tahun depan menandai kian dekatnya tahun pemilu di 2024.

Banyak yang beranggapan pemerintah tidak akan fokus bekerja. Sementara dari sisi ekonomi kondisinya sangat berat. Gelap dan penuh ketidakpastian kalau menurut Anda. Menteri-menteri pun ada kemungkinan akan menjadi calon presiden atau cawapres. Bagaimana antisipasi bapak terhadap kondisi itu?

Kekhawatiran itu wajar, wajar-wajar saja. Tapi menteri yang telah dilantik itu kan sudah janjian di awal bahwa mereka harus bekerja keras, harus mengutamakan rakyat, mengutamakan tugas-tugas negara.

Tapi kalau memang ada yang masuk ke, ingin masuk ke politik, dan menjadi kandidat di 2024, saya juga tidak melarang karena apapun ini adalah demokrasi. Tetapi jangan sampai meninggalkan tugas-tugas utama untuk rakyat, untuk negara.



Jadi jangan dijadikan pemilu itu menjadi sesuatu yang dikhawatirkan, sesuatu yang menyeramkan, karena memang kita harus membawa pemilu itu sebagai sebuah demokrasi gagasan, sebuah demokrasi ide, hingga kita juga berharap pemilu ke depan ini banyak menggunakan teknologi informasi, banyak menggunakan teknologi digital dalam kampanye, menggunakan video conference dalam kampanye misalnya, saya kira virtual, saya kira akan mencerdaskan rakyat dan itu yang saya harapkan.

Untuk menteri yang akan maju dalam pilpres apakah akan diminta mundur atau diganti?

Kalau saya ikuti aturan ajalah, kalau aturannya memang harus mundur ya, kalau aturannya tidak ya asal bekerja sesuai dengan tugas yang kita berikan saya kira nggak ada masalah.

Apakah bapak sudah punya jagoan dalam pilpres mendatang?


Jagoan kan banyak, tapi apapun yang milih kan rakyat. Yang menentukan, yang bisa menyajikan kandidat itu adalah partai politik atau gabungan partai politik. Itu yang harus kita ingat. Kemudian yang menentukan, yang memilih itu adalah rakyat. Tetapi yang ingin saya sampaikan jangan sampai ada fanatisme yang berlebihan. Kemudian juga jangan anarkis.

Selalu saya ingatkan pentingnya kerukunan, pentingnya persatuan, dan yang jelas presiden ke depan memang harus bekerja keras karena tantangan-tantangan dunia yang kita hadapi ini semakin tidak ringan, semakin berat, semakin sulit.

Terakhir, arahan Anda kepada para menteri merespons kondisi dunia yang semakin gelap seperti apa?

Tadi saya sampaikan bahwa semua harus bekerja keras dengan memakai angka-angka dan data, makronya terkuasai, mikronya terkuasai, tetapi yang lebih penting adalah kerja yang lebih detail. Saya rasa itu.

INFOGRAFIS, Isu Wacana Presiden 3 PeriodeFoto: Dinamika isu tiga periode kepemimpinan Jokowi (CNBC Indonesia/Edward Ricardo)

[Gambas:Video CNBC]

(miq/sef)
HALAMAN :
1 2 3 4 5
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading