Program BBM 1 Harga Wujudkan Keadilan di Wilayah 3T

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
18 August 2022 15:39
Dalam rangka memperingati 76 tahun kemerdekaan RI, Pertamina memberikan kado “Merdeka Energi” dengan merealisasikan pembangunan 40 titik BBM Satu Harga sehingga menambah total capaian BBM Satu Harga menjadi 284 titik se-Indonesia sejak tahun 2017. Foto: BBM Satu Harga, Kado Pertamina untuk Indonesia Merdeka Energi (Foto: ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah melaksanakan Program BBM Satu Harga di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) di seluruh Indonesia yang dijalankan PT Pertamina (Persero) sejak 2017. Program ini ditargetkan akan terus berlanjut hingga 2024 mendatang dengan membangun 583 penyalur BBM satu harga.

Kebijakan BBM Satu Harga digaungkan agar masyarakat di daerah 3T di luar Jawa dapat menikmati harga BBM yang sama dengan di pulau Jawa sehingga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat terwujud hingga memberikan multiplier effect terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah.

Kebijakan ini pun dipuji oleh Pengamat Ekonomi, Piter Abdullah. Dia sangat mengapresiasi Presiden Jokowi yang menginisiasi dan mendukung berjalannya program BBM 1 harga.


Selaras dengan tujuan program ini, menurutnya BBM 1 harga memungkinkan masyarakat di daerah terpencil mendapatkan BBM dengan harga yang terjangkau, sama dengan masyarakat lainnya.

"Selama ini mereka harus membayar sangat mahal dan membebani mereka. BBM satu harga adalah wujud kebijakan pemerintah yang berkeadilan sosial," ujarnya saat dihubungi CNBC Indonesia, Kamis (28/7/2022).

Tidak tanggung-tanggung, Pieter berharap program ini harus dilanjutkan oleh Presiden yang akan datang pada periode selanjutnya agar keadilan harga BBM dapat terus terlaksana sehingga dapat mendukung geliat ekonomi daerah.

Sementara itu, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menuturkan hingga tahun 2021, telah beroperasi 328 lembaga penyalur BBM Satu Harga yang melayani masyarakat di wilayah 3T, termasuk untuk menyalurkan BBM subsidi.

"Pada 2022, targetnya 92 titik, dan hingga 24 Juli yang sudah beroperasi mencapai 21 lembaga penyalur," tambahnya.

Sebagai informasi, melalui program BBM Satu Harga, harga jual BBM Jenis Premium menjadi Rp 6.450 per liter. Sedangkan, untuk BBM jenis Solar dijual Rp5.150 per liter. Hal ini jelas sangat membantu beberapa daerah 3T luar Jawa mendapat harga BBM yang terjangkau.

Misalnya saja, wilayah Kabupaten Puncak, Papua sebelum adanya program BBM Satu Harga, harga BBM di sana mencapai Rp 100.000/liter. Di Kalimantan, sebelumnya harga mulai dari Rp 8.000/liter hingga Rp 40.000/liter, Sulawesi dari Rp 8.500/liter hingga Rp 25.000/liter, dan Papua Barat mencapai Rp 30.000/liternya.

Ada juga NTB dan NTT yang sebelum adanya program ini harga jual BBM dibanderol Rp 8.000 sampai Rp 9.000. Kemudian di wilayah Seko, harga BBM bisa mencapai Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per liter.

Kini masyarakat di berbagai wilayah pelosok Indonesia bisa menikmati BBM satu harga, dan memudahkan berbagai kegiatan perekonomian daerah. Salah satu yang telah merasakan manfaat dari BBM satu harga, yakni Richi, Nelayan asal Mentawai Sumatera Barat. Dia mengatakan kini bisa lebih sering melaut dan meningkatkan penghasilannya.

"Kalau dulu minyaknya mahal, saya pun jarang ke laut. Kalau sekarang minyaknya sudah mudah, jadi seringlah saya ke laut. Kalau minyaknya murah, nelayan pasti dapat hasil, bisnisnya lancar, jadi memadailah dapat penghasilannya," kata Richi.

Sementara itu, Octvianus Alexander, warga Desa Roekore, Sabu Raijua, NTT, mengatakan hasil budidaya bawangnya lebih meningkat setelah adanya BBM satu harga. Peningkatan produksinya pun tidak main-main yakni 8-10 kali lipat dibandingkan sebelumnya.

"Kalau untuk usaha bawang, dulu paling banyak mendapatkan 500-400 kilo. Sekarang bisa sampai 2-4 ton, dengan adanya BBM satu harga," katanya bercerita.

Pangeran Dukung, Warga Krayan, Kalimantan Utara, mengungkapkan petani di wilayah tersebut sangat terbantu dengan adanya BBM satu harga. Dengan begitu, harga BBM menjadi lebih terjangkau dibandingkan sebelumnya.

"Saya sebagai petani, sangat senang, karena harga BBM bisa kami jangkau. Dengan adanya BBM satu harga ini untuk masyarakat di sini sangat membantu," kata Pangeran.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Percepat Distribusi, Pertamina Bangun Supply Point Aspal


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading