Jualan Ekspor Loyo: Salah 'Dapur' atau 'Toko'?

Opini - , CNBC Indonesia
06 February 2018 12:02
Perbandingan dengan Negara Tetangga

Perbandingan dengan Negara Tetangga

Dari sisi kontributor, ekspor Thailand didominasi oleh Mesin dan Alat Pengangkutan, Makanan dan Binatang Hidup, dan Hasil Pabrik/Manufaktur. Serupa dengan Thailand, ekspor Vietnam juga didominasi oleh ketiga sektor tersebut. Dari situ, terlihat bahwa ekspor kedua negara tersebut tidak bergantung pada komoditas.

Sementara itu, Malaysia mencatat pos bahan bakar menyumbang 14% dari total ekspor pada 2016, sedangkan pos mesin dan alat pengangkutan masih jauh lebih dominan, dengan porsi mencapai 43,12%. Kondisi ini jauh berbeda dari Indonesia yang kontribusi pos mesin dan alat pengangkutannya hanya 13,99% dari total ekspor 2016, sementara kontribusi pos bahan bakar mencapai 19,29% pada periode yang sama.


Jualan Ekspor Loyo: Salah Sumber: UN Comtrade Database dan BPS, diolah oleh Tim Riset CNBC 



Keunggulan Thailand dibandingkan negara tetangganya terlihat dari kuatnya ekspor barang hasil pabrik/manufaktur. Pada tahun 2016, nilai ekspor Thailand di sektor ini mencapai US$ 26,31 miliar, sementara Indonesia hanya mampu mencetak US$ 20,1 miliar.

Selain itu, dengan pertumbuhan ekspor Vietnam di sektor ini yang terus menunjukkan tren positif, bukan tidak mungkin Indonesia akan disalip oleh Vietnam dalam waktu dekat. Sebagai catatan, saat ekspor Indonesia pada pos hasil pabrik/manufaktur melambat 11,38% pada medio 2014-2016, ekspor Vietnam pada pos yang sama malah melaju 8,96%. (ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading