Internasional

Rusia-Ukraina Minggir! Kanada Ngamuk ke Jet Tempur China

News - sef, CNBC Indonesia
03 June 2022 06:55
Jet tempur F-15 (AP/Ariel Schalit)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kanada kini memanas ke China. Negeri di Amerika Utara itu menuduh pilot angkatan udara China telah berperilaku tidak profesional dan berisiko.

Ini terjadi kala kedua jet tempur negara berpapasan di wilayah udara internasional. Jet Kanada sendiri sedang mengadakan misi di Jepang.

"Angkatan Udara China tidak mematuhi norma-norma keselamatan udara internasional pada beberapa kesempatan," tulis AFP mengutip militer Kanada, dimuat Rabu (2/6/2022) waktu setempat.


"Interaksi ini tidak profesional dan atau membahayakan keselamatan personel (Angkatan Udara Kerajaan Kanada)."

Disebutkan pula, akibat kejadian itu, militer Kanada harus segera mengubah jalur penerbangan. Ini untuk menghindari potensi tabrakan dengan pesawat China yang mencegat.

"Dan terkadang pesawat-pesawat China mencoba mengalihkan pesawat Kanada dari jalur penerbangan mereka dan terbang sangat dekat sehingga awaknya sangat terlihat jelas," kutip media Prancis itu melansir pernyataan Kanada lagi.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly mengatakan kejadian itu sangat memprihatinkan. Ini terjadi terjadi kurang dari enam minggu setelah Ottawa dan Beijing melanjutkan hubungan diplomatik yang berarti, pasca memburuk karena Huawei.

Hubungan kedua negara memanas setelah penangkapan eksekutif Huawei Meng Wanzhou di Desember 2018 atas surat perintah AS di Vancouver. Setelahnya China membalas dengan penahanan dua orang Kanada, mantan diplomat Michael Kovrig dan pengusaha Michael Spavor.

China sendiri belum memberi klarifikasi. Kanada sendiri berada di Jepang sebagai bagian dari upaya multinasional untuk menegakkan sanksi PBB terhadap Korea Utara (Korut).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pesawat Militer Kanada & China Nyaris 'Bentrok' Dekat Korut


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading