Internasional

Saling Tuduh Soal Jet Tempur, Hubungan China-Kanada Memanas!

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
07 June 2022 13:00
FILE - Liberal leader Justin Trudeau makes a point during the federal election French-language leaders debate, Wednesday, Sept. 8, 2021, in Gatineau, Quebec.  Trudeau called the early election for Monday, Sept. 20  in hopes of winning a majority of seats in Parliament, but has faced criticism for calling a vote during a pandemic in order to cement his hold on power. (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hubungan antara China dan Kanada kembali memanas. Hal ini diakibatkan oleh penerbangan pesawat tempur Beijing yang sangat dekat dengan armada udara milik Ottawa yang sedang berada di wilayah langit Jepang.

Dalam sebuah pernyataan terbaru, Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau menyatakan bahwa tindakan China itu tidak profesional dan cenderung provokatif.

"Tindakan China tidak bertanggung jawab dan provokatif dalam kasus ini, dan kami akan terus menyatakan dengan kuat bahwa mereka membahayakan orang," kata pemimpin Kanada itu kepada wartawan dikutip The Guardian, Selasa (7/6/2022).


Tindakan China tidak bertanggung jawab dan provokatif...Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada

Sebelumnya, pesawat Kanada sendiri dikerahkan di Jepang sebagai bagian dari upaya multinasional untuk menegakkan sanksi PBB terhadap Korea Utara. Hal ini dikarenakan langkah negara itu dalam mengembangkan program senjata nuklir dan rudal balistiknya.

China sendiri mengecam Kanada dengan mengatakan akan ada konsekuensi besar atas provokasi yang dilakukan Negeri Maple itu.

"Dewan Keamanan PBB tidak pernah mengizinkan negara manapun untuk melakukan pengawasan militer di laut dan wilayah udara negara lain atas nama penegakan sanksi," kata juru bicara kementerian luar negeri Zhao Lijian seperti diberitakan Reuters, Senin (6/6/2022).

Jet tempur J-16D China. (REUTERS/ALY SONG)Jet tempur J-16D China. (REUTERS/ALY SONG)

Hal serupa juga ditegaskan juru bicara Kementerian Pertahanan China, Wu Qian. Ia justru menuduh Kanada telah melakukan aksi yang berbahaya bagi keamanan negaranya yang notabene sangat dekat dari Korea Utara.

Hubungan antara China dan Kanada sendiri beberapa kali sempat memanas. Sebelumnya kedua negara itu tegang setelah Ottawa menangkap CFO Huawei, Meng Wanzhou pada 2018 lalu karena tuduhan penipuan untuk menghindari sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Iran.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Fenomena Kerja Remote di China Makin Marak, Ini Sebabnya


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading