Internasional

China Sebut Kanada Ancam Keamanan Negara, Kenapa Lagi Nih?

News - luc, CNBC Indonesia
06 June 2022 16:15
In this Sept. 3, 2015, file photo, two Chinese J-10 fighter jets fly in formation during a parade commemorating the 70th anniversary of Japan's surrender during World War II in Beijing. China on Tuesday, July 25, 2017, denied that two of its J-10 fighter jet pilots operated dangerously during an encounter with a U.S. surveillance plane in international airspace in which the American pilot took evasive action to avoid a possible collision. (AP Photo/Mark Schiefelbein, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah jet tempurnya dituding melakukan manuver membahayakan pesawat pengintai Kanada, Pemerintah China 'menyerang' balik Kanada dengan menyatakan bahwa negara tersebut melakukan provokasi.

Mengutip Reuters, Kementerian pertahanan China mengatakan pada Senin (6/6/2022) bahwa jet militer Kanada telah meningkatkan pengintaian dan provokasi terhadap China serta membahayakan keamanan nasional negara Asia itu. Kementerian mengatakan menentang tindakan provokatif Kanada.

Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan China mengatakan militer China mengambil langkah-langkah yang wajar untuk menangani tindakan Kanada dan telah membuat 'perwakilan serius' melalui saluran diplomatik.


Sebelumnya, Militer Kanada menuduh pilot angkatan udara China berperilaku tidak profesional dan membahayakan selama pertemuan mereka baru-baru ini di wilayah udara internasional.

Pesawat Kanada yang terlibat dikerahkan di Jepang sebagai bagian dari upaya multinasional untuk menegakkan sanksi PBB terhadap Korea Utara, yang telah menghadapi hukuman internasional atas program senjata nuklir dan rudal balistiknya.

Angkatan Bersenjata Kanada menyatakan bahwa Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat "tidak mematuhi norma-norma keselamatan udara internasional" pada beberapa kesempatan.

"Interaksi ini tidak profesional dan/atau membahayakan keselamatan personel (Angkatan Udara Kerajaan Kanada)," kata pernyataan militer Kanada, dikutip AFP, Kamis (2/6/2022).

Jet tempur J-16D China. (REUTERS/ALY SONG)Foto: Jet tempur J-16D China. (REUTERS/ALY SONG)

Dalam beberapa kasus, pilot Kanada harus dengan cepat mengubah jalur penerbangan mereka untuk menghindari potensi tabrakan dengan pesawat yang mencegatnya di udara.

Berdasarkan pernyataan tersebut, kadang-kadang pesawat-pesawat China mencoba mengalihkan pesawat Kanada dari jalur penerbangan mereka dan terbang sangat dekat sehingga awaknya sangat terlihat jelas.

Pernyataan itu mengatakan interaksi seperti itu di wilayah udara internasional selama misi yang disetujui PBB menjadi lebih sering, menambahkan bahwa "kejadian ini juga telah ditangani melalui saluran diplomatik."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Fenomena Kerja Remote di China Makin Marak, Ini Sebabnya


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading