Mantap, Ini Upaya Jaklingko Dukung Presidensi G20

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
19 April 2022 19:55
Jak Lingko (Pradita Utama/detikcom) Foto: Jak Lingko (Pradita Utama/detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT JakLingko Indonesia (JakLingko) mendukung agenda Presidensi G20, khususnya mengenai isu transformasi ekonomi berbasis digital dan transisi energi.

Direktur Utama Jaklingko Indonesia Muhammad Kamaluddin menjelaskan, dukungan tersebut diberikan melalui pengembangan platform digital yang dapat menggabungkan semua operator transportasi di Indonesia. Selain digunakan untuk pembayaran transportasi, platform digital tersebut juga dapat digunakan untuk pembayaran ritel di sekitar transportasi hingga fasilitas pariwisata.

"Contohnya pergi ke stadion, nanti bisa cukup menggunakan aplikasi JakLingko sudah menjadi satu paket transportasinya dan juga tiketnya. Dan ini tentunya bisa menggerakkan banyak hal. Bukan hanya dari sisi transformasi perhubungannya saja, tapi juga untuk menggerakkan ekonominya," jelas dia dalam Evening Up CNBC Indonesia, Selasa (19/4/2022).

Menurut dia, hal ini terjadi karena semakin banyak aktivitas yang bisa didorong dengan peningkatan penumpang dan konsumen dari sisi transportasi.

Sementara dukungan transisi energi akan dilakukan melalui perpindahan dari penggunaan angkutan pribadi ke angkutan umum. Ke depan, layanan transportasi akan mempermudah masyarakat untuk memanfaatkan transportasi umum dengan adanya sistem terintegrasi dari Jaklingko.

Selain itu, kata Kamaluddin, sebagian besar angkutan umum di Jakarta, terutama yang berbasis rel sudah menggunakan listrik. Adapun untuk transportasi berbasis jalan seperti Transjakarta tengah menyiapkan transformasi ke bus listrik.

"Sudah ada 30 bus listrik yang dioperasikan Transjakarta. Sehingga apabila beralih dari transportasi pribadi ke transportasi umum, tentunya akan mengurangi emisi karbon di Jakarta ini," tegas Kamaluddin.

Dia menambahkan, pengguna aplikasi JakLingko juga dapat mengetahui dan menghitung emisi yang bisa dikurangi dengan beralih ke angkutan umum dari angkutan pribadi.

Diketahui, JakLingko telah bekerja sama dengan PT Grab Teknologi Indonesia, PT Jatelindo Perkasa Abadi Indonesia, dan PT Aino Indonesia untuk memperkuat layanan transportasi terpadu berbasis teknologi yang dihadirkan bagi warga dan komuter Jabodetabek. Kolaborasi ini akan mewujudkan sistem transportasi pintar, atau Intelligent Transportation System, untuk meningkatkan kecepatan, kemudahan, keamanan, dan keandalan transportasi umum.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

JakLingko Gandeng Nippon Koei Kembangkan MaaS di EIPTJ


(bul/bul)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading