Ekosistem Transportasi Terintegrasi Dimulai di Sini

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
19 April 2022 20:12
Dok: Jaklingko

Jakarta, CNBC IndonesiaPT Aino Indonesia telah membantu PT JakLingko Indonesia dalam menyediakan sistem transportasi terintegrasi. Direktur Utama PT Aino Indonesia Hastono Bayu Trisnanto menjelaskan, pihaknya mengembangkan payment gateway dalam ekosistem transportasi terintegrasi JakLingko.

Selain itu, Aino juga membantu dalam pengembangan mobile aplikasi Jaklingko. Di mana aplikasi tersebut menjadi perangkat bersama untuk terintegrasi dengan berbagai layanan.

"Ketiga adalah tentang ekosistem di tourism. Jadi orang yang akan berwisata nanti juga bisa terintegrasi dengan JakLingko dan lokasi wisatanya. Ini beberapa ekosistem yang kita coba gabungkan dalam Jaklingko sebagai peran Aino di sana," jelas dia dalam Evening Up CNBC Indonesia, Selasa (19/4/2022).


Sebelumnya, Aino mengembangkan payment gateway untuk Trans Jogja sebagai salah satu inisiasi sistem tiket. Kemudian Aino lalu mendukung pembayaran nontunai untuk Transjakarta dan Mass Rapid Transit Jakarta (MRT).

"Kemudian ekosistem parking ada di beberapa lokasi bandara. Mungkin lebih dari 10 bandara kita sudah integrasikan dengan nontunai. Ini yang nanti bisa menjadi ekosistem yang terhubung," ungkap Bayu.

Selanjutnya, untuk payment gateway lokasi wisata, Aino telah bekerja sama dengan taman wisata candi, yaitu Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, serta Taman Mini Indonesia Indah.

"Ini menjadi satu journey yang seamless dan total transaksi kurang lebih 123 juta transaksi nontunai dalam satu tahun dan itu transaksi cukup besar," pungkas Bayu. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Integrasikan Sistem Tiket, JakLingko Gandeng PPD


(bul/bul)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading