JakLingko Gandeng Nippon Koei Kembangkan MaaS di EIPTJ

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
26 March 2022 10:59
JakLingko Foto: Dok JakLingko

Jakarta, CNBC Indonesia - PT JakLingko Indonesia gandeng Nippon Koei Co., Ltd. melakukan pengembangan bisnis dan dukungan operasional Mobility as a Service (MaaS) dan bisnis yang terkait dengan MaaS sebagai implementasi proyek Elektronifikasi Integrasi Pembayaran Transportasi Umum Jabodetabek (EIPTJ) Jabodetabek.

Kerja sama tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada JUmat (25/3). Kerja sama tersebut akan menghasilkan pengolahan data yang terakumulasi selama proyek EIPTJ untuk menghasilkan analisis potensi bisnis yang dapat dikembangkan di masa depan oleh PT JakLingko Indonesia.

Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin mengharapkan konsep MaaS nantinya dapat dirasakan oleh pengguna transportasi umum di Jabodetabek.


"Kami berterima kasih kepada Nippon Koei atas dukungannya kepada JakLingko Indonesia, dan tentunya pengalaman global Nippon Koei di bidang penelitian dan pengembangan implementasi MaaS akan semakin memperkuat konsep MaaS. Semoga dengan sinergi ini masyarakat dapat dengan mudah dan nyaman menggunakan layanan pada Aplikasi JakLingko," ujar Kamal dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/3/2022).

Adapun ruang lingkup kerja sama ini terdiri dari pengolahan data dari JakLingko MaaS App, membuat model bisnis untuk proyek MaaS, membuat analisis potensi bisnis yang mungkin terjadi dan dapat dilakukan oleh PT JakLingko Indonesia. Kemudian melakukan diskusi dan penentuan model bisnis melalui data insight menggunakan data diperoleh dari JakLingko MaaS App, serta menjalan proyek Proof of Concept (POC) bersama-sama untuk komersialisasi selanjutnya dari kegiatan bisnis non-tiket.

Melalui kolaborasi ini, diharapkan akan memberikan model bisnis terbaik untuk proyek MaaS dan rantai nilai bisnisnya melalui wawasan data sebagai bagian dari kegiatan bisnis non-tiket. Kerja sama pengembangan bisnis ini dilakukan dalam bentuk sharing pengalaman, pengetahuan, informasi, dan data antara kedua belah pihak.

Sebagai informasi, proyek EIPT sendiri merupakan program jangka panjang Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk meningkatkan pengguna transportasi umum sehingga diharapkan dapat mengurangi emisi gas karbon (CO2) dan meningkatkan kualitas udara di Jabodetabek.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kolaborasi Grab dan JakLingko Mudahkan Warga Jakarta


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading