Kolaborasi Grab dan JakLingko Mudahkan Warga Jakarta

News - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
30 December 2021 16:05
JakLingko Foto: Dok JakLingko

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Grab Teknologi Indonesia, PT. Jatelindo Perkasa Abadi Indonesia, dan PT. Aino Indonesia, bersama dengan PT JakLingko Indonesia (JakLingko), menjalin kemitraan strategis untuk memperkuat layanan transportasi terpadu berbasis teknologi yang dihadirkan bagi warga dan komuter Jabodetabek.

Kemitraan strategis tersebut tertuang dalam perjanjian kerja sama (PKS) yang ditandatangani oleh Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi, Direktur PT. Jatelindo Perkasa Abadi Indonesia Muhammad Lutfi Bakrie, dan Direktur Utama PT. Aino Indonesia Hastono Bayu Trisnanto, Rabu (29/12/2021).

Kolaborasi ini akan mewujudkan sistem transportasi pintar, atau Intelligent Transportation System, untuk meningkatkan kecepatan, kemudahan, keamanan, dan keandalan transportasi umum. Direktur Utama PT. JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin mengatakan kemitraan bersama perusahaan teknologi seperti Grab akan semakin memperkuat layanan yang disediakan bagi warga dan komuter Jabodetabek.

Selain itu, dengan membaiknya pandemi Covid-19 telah mendorong peningkatan aktivitas masyarakat di luar rumah. Hal tersebut tentunya mendongkrak kebutuhan untuk layanan transportasi yang mumpuni.

Hadirnya sistem transportasi yang saling terhubung dengan efisien akan memfasilitasi ramainya kegiatan ekonomi yang menjadi kunci bagi percepatan pemulihan Indonesia. Kolaborasi antar JakLingko dan Grab ini membawa gairah baru bagi sistem transportasi di Jabodetabek," jelas Muhammad dalam siaran resmi, Kamis (30/12/2021).

Sementara itu, Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan melalui kemitraan strategis ini, Grab dipercaya menjadi aplikasi transportasi dan pengiriman online pertama yang terintegrasi ke JakLingko.

"Dengan semangat #BikinLebihMudah, Grab berkomitmen untuk menjadi mitra andal bagi JakLingko dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan membuka akses ekosistem teknologi. Apalagi, Lima fitur dan layanan Grab yang akan terintegrasi ke aplikasi JakLingko," jelas Neneng.

Dia menjelaskan lima fitur yang terintegrasi mencakup transportasi, yang kini sudah berjalan, serta kesehatan, asuransi, voucher & rewards, dan pemasaran digital yang akan diperkenalkan secara bertahap ke depannya.

Dari sisi Transportasi, pengguna aplikasi JakLingko dapat memesan GrabBike dan GrabCar sebagai moda transportasi first mile dan last mile ketika berangkat dan balik dari stasiun-stasiun yang terhubung ke JakLingko, termasuk MRTJ, TransJakarta, LRT (Jakpro), KCI, dan Railink. Pengguna juga dapat mengakses informasi rute, tarif perjalanan, dan profil pengendara Grab melalui aplikasi JakLingko.

Untuk kesehatan, pengguna aplikasi JakLingko dapat mengakses layanan medis GrabHealth yang terdiri dari telekonsultasi 24 jam bersama Good Doctor Technology Indonesia. Dengan demikian, pengguna bisa mendapatkan bantuan medis pertama secara mudah dan cepat, serta dimanapun dan kapanpun, bahkan saat sedang dalam perjalanan.

Sementara dari sisi Asuransi, pengguna aplikasi JakLingko dapat membeli perlindungan asuransi dengan mudah melalui layanan GrabInsure yang menghadirkan berbagai paket dari penyedia asuransi, Voucher dan Rewards. Pengguna aplikasi JakLingko bisa mendapatkan penawaran menarik untuk voucher GrabGifts serta paket berlangganan GrabCar dan GrabBike melalui layanan GrabRewards, serta menggunakan OVO sebagai metode pembayaran.

Kemudian untuk, pemasaran digital, brand dan pengusaha UMKM yang tergabung di platform Grab dapat membeli GrabAds agar iklan digital mereka terpampang di aplikasi JakLingko.

Direktur PT. Jatelindo Perkasa Abadi Indonesia Muhammad Lutfi Bakrie mengatakan bahwa hadirnya solusi pembayaran akan semakin memperkuat layanan yang ditawarkan ke masyarakat. Apalagi masyarakat semakin bergeser ke metode pembayaran cashless yang ringkas. Dengan begitu kehadiran solusi pembayaran berbasis digital di JakLingko akan mendukung peralihan tersebut.

"Mengingat bahwa populasi Jabodetabek cukup besar, hal ini dapat berkontribusi signifikan bagi pencapaian rencana jangka panjang pemerintah Indonesia untuk menciptakan cashless society," ungkap Lutfie.

Direktur Utama PT. Aino Indonesia Hastono Bayu Trisnanto menambahkan bahwa, adanya fitur First Mile - Last Mile dengan layanan Grab akan lebih memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan secara seamless dari asal hingga ke tujuan akhir. Apalagi dengan berbagai moda yang terintegrasi serta memberi pengalaman baru untuk melakukan single journey search, booking, and pay dalam satu aplikasi Jaklingko.

Nantinya juga akan hadir fase ketiga di kuartal III- 2022, yang fokus menyediakan berbagai kemudahan untuk pengguna lanjut usia dan disabilitas. Bayu mengatakan upaya dilakukan untuk menjalankan sistem transportasi yang lebih inklusif.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tarik Pengguna Angkutan Umum, Ini Sejumlah Langkah JakLingko


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading