PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang, Zona Merah Covid-19 Lenyap!

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
12 April 2022 08:03
Warga antre untuk penyuntikan vaksinasi Sinovac di zona merah dikawasan Tangerang, Rabu (23/6/221). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah kembali memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) luar Jawa-Bali selama dua pekan ke depan.

Perpanjangan yang terhitung sejak 12 April hingga 25 April 2022 itu dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 21/2022. Aturan mulai berlaku efektif hari ini.


Direktur Jenderal Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri Safrizal mengemukakan terjadi perubahan jumlah yang signifikkan pada perpanjangan PPKM kali ini.

“Hanya 3 Provinsi yaitu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Utara, dan Provinsi Sulawesi Barat yang tidak ada kabupaten/kotanya berada di Level 1,” kata Safrizal dalam keterangan resmi.

Berdasarkan catatan pemerintah terjadi penurunan jumlah daerah yang ada di Level 3, dari yang sebelumnya 110 daerah menjadi 43 daerah. Sementara untuk Level 1 mengalami peningkatan dari yang sebelumnya 26 daerah menjadi 84 daerah.

Selain itu, jumlah daerah yang berada di Level 2 bertambah dari yang sebelumnya berjumlah 250 daerah menjadi 259 daerah.

“Hingga saat ini tidak ada daerah kabupaten/kota di luar Jawa dan Bali yang berada di Level 4,” kata Safrizal.

Di tengah ancaman munculnya varian baru Covid19 yang telah ditemukan di 26 negara, Safrizal menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Saya selalu dan tidak lelah untuk menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah kita laksanakan sampai saat ini, agar kita semua dapat melaksanakan ibadah dengan kusyu selama Bulan Suci Ramadhan.” jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

PPKM Level 1 Luar Jawa-Bali Terisa 3 Wilayah


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading