Update PPKM Luar Jawa-Bali: Level 4 Nihil, Level 1 Bertambah

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
29 March 2022 08:20
Transportasi KRL Ditengah Lonjakan Covid (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) luar Jawa-Bali kembali diperpanjang selama dua pekan, terhitung mulai 29 Maret hingga 14 April mendatang.

Keputusan tersebut diambil setelah melihat sejumlah indikator yaitu transmisi komunitas seperti jumlah kasus, kematian, dan rawat inap. hingga kapasitas respon yang mencakup testing, tracing, treatment.


Selain itu, pemerintah juga menggunakan indikator berupa tingkat vaksinasi dosis ke 2 minimal 45%, dan vaksinasi lansia dosis 1 minimal 60% dalam menetapkan level asesmen,

Adapun kabupaten/kota yang tidak memenuhi ambang batas akan dinaikkan satu Level PPKM-nya, dengan pengecualian bagi Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk kurang dari 200 ribu orang dan kasus konfirmasi kurang dari 2 kasus per 100 ribu penduduk.

Berdasarkan hasil asesmen tersebut, maka ada perubahan pada komposisi level PPKM pada 386 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali. Saat ini, tak ada lagi wilayah yang menerapkan PPKM level 4 di Jawa-Bali.

Berikut rinciannya:

  • PPKM Level 1 meningkat dari 18 menjadi 26 Kabupaten/Kota.
  • PPKM Level 2 meningkat dari 168 menjadi 250 Kabupaten/Kota.
  • PPKM Level 3 menurun dari 200 menjadi 109 Kabupaten/Kota.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Update PPKM: Jawa Bali Lanjut Sepekan, Non Jawa Bali Berakhir


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading