PPKM Level 1 Luar Jawa-Bali Terisa 3 Wilayah

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
01 March 2022 08:40
Suasana belajar mengajar pembelajaran tatap muka di sekolah SDN 14 Pagi Pondok labu, Jakarta, Senin (30/8). Sekolah tatap muka resmi dilaksanakan kembali untuk 610 sekolah di DKI Jakarta. Daftar sekolah mencakup jenjang TK/PAUD-SMA dan lembaga pendidikan setingkat lain, termasuk informal. Tentunya PTM terbatas tahap I dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Staff guru pengajar Sekolah SDN 14 pagi pondok labu mengatakan,

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) luar Jawa-Bali terhitung mulai 1-14 Maret atau dua pekan ke depan.

Dalam perpanjangan kali ini, hanya tersisa satu kabupaten/kota yang masuk dalam kategori level 1, jika merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 14/2022 tentang PPKM luar Jawa-Bali.


Ketiga kabupaten/kota itu adalah Kabupaten Mandailing Natal dan Kota Sibolga di Provinsi Sumatera Utara, dan Kabupaten Tanah Bumbu di Provinsi Kalimantan Selatan.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri Safrizal menekankan penilaian level daerah luar Jawa-Bali masih menggunakan indikator capaian total vaksinasi dosis kedua dan vaksinasi lansia di atas usia 60 tahun dosis pertama.

Berdasarkan catatan, terjadi peningkatan yang cukup signifikkan daerah yang menerapkan PPKM level 3 di luar Jawa-Bali dari 118 daerah menjadi 320 daerah. Perubahan ini ikut menggerus daerah PPKM level 2 yang menurun dari 205 menjadi 63 daerah.

Sementara itu, wilayah yang menerapkan PPKM level 1 mengalami penurunan drastis dari sebelumnya mencapai 63 daerah, dan kini tersisa hanya 3 daerah, merujuk pada Inmendagri 14/2022.

"Secara obyektif, kalau kita lihat memang jumlah daerah di Level 3 dan 4 mengalami peningkatan, itu karena syarat vaksinasi yang kita perketat sebagai upaya percepatan vaksinasi di seluruh daerah," kata Safrizal.

"Tapi kita optimis bahwa trend peningkatan tersebut akan menurun mulai minggu depan sejalan dengan pelandaian kasus terkonfirmasi" jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Makin Banyak! Ini Daerah Berstatus PPKM Level 1 Non Jawa-Bali


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading